kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham IPO 7 Perusahaan Sudah Bisa Dipesan, Mana yang Prospeknya Bagus?


Kamis, 04 Agustus 2022 / 07:24 WIB
Saham IPO 7 Perusahaan Sudah Bisa Dipesan, Mana yang Prospeknya Bagus?
ILUSTRASI. IPO Saham 7 Perusahaan Sudah Bisa Dipesan, Mana yang Prospeknya Bagus?


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Initial publik offering (IPO) saham oleh tujuh perusahaan memasuki penawaran umum. Dengan demikian, investor sudah bisa melakukan pemesanan terhadap saham IPO tersebut. Saham IPO apa yang memiliki prospek bagus?

Ada tujuh calon emiten yang telah memasuki masa penawaran umum saham IPO. Mayoritas perusahaan ini membidik target IPO yang mini. 

PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) membidik dana IPO Rp 222,40 miliar. Harga IPO saham ELPI Rp 200.

PT Hetzer Medical Indonesia Tbk (MEDS) mengincar dana IPO Rp 39,06 miliar. Harga IPO saham MEDS Rp 125.

PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk (TOOL) mengincar dana IPO sebesar Rp 52,07 miliar. Harga IPO saham TOOL Rp 127.

Lalu ada PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) dengan target IPO Rp 31,50 miliar. Harga IPO saham Rp 105.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham FREN, TOWR, DRMA, BFIN, dan GOTO untuk Perdagangan Kamis (4/8)

PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB) mengincar dana IPO Rp 58,50 miliar. Harga IPO saham CRAB Rp 150.

PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) mengincar dana IPO senilai Rp 23 miliar. Harga IPO saham KLIN Rp 100.

Satu-satunya IPO yang tergolong jumbo cuma PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) yang mengincar dana segar sekitar Rp 1 triliun. Harga IPO saham MORA Rp 396.

Chief Executive Officer Edvisor.id, Praska Putrantyo menyebut calon penghuni Bursa Efek Indonesia uang baru ini memang terbilang unik, baik dari skala kecil hingga menengah. 

Dia bilang investor yang ingin mengoleksi saham IPO ini perlu mempelajari penggunaan dana IPO secara mayoritas, kalau dominan untuk ekspansi akan ada ekspektasi perbaikan kinerja ke depannya. 

Dari ketujuh emiten yang sedang melakukan penawaran umum sejak Selasa (2/8), Praska menilai saham MORA menarik untuk dicermati karena industrinya sedang naik daun. 

"MORA yang paling menarik bukan karena size atau afiliasi dengan Smartfren tapi lebih kepada historical, rencana penggunaan dana dan industri telekomunikasi sedang in," jelas dia kepada Kontan.co.id, Selasa (2/8). 

Menurutnya, rencana pemerintah mengembang infrastruktur digital juga bakal berdampak positif bagi kinerja MORA. Sekadar info, PER MORA saat ini diperkirakan sekitar 12,75 kali dengan PBV 1 kali. 

Sementara, Analis Kanaka Hita Solvera William Wibowo menilai KLIN, ELPI dan MORA menarik untuk diperhatikan dan dikoleksi seiringan dengan prospek bisnis ke depannya. 

"Secara sektor, calon emiten yang prospektif untuk diperhatikan adalah dari sektor transportasi dan logistik, sektor energi dan sektor teknologi karena sesuai dengan kebutuhan bisnis saat ini," ucap William. 

Itulah rekomendasi saham IPO yang sudah memasuki penawaran umum pada awal Agustus 2022 ini. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi tas rekomendasi saham IPO di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×