kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham Astra International (ASII) Jatuh ke Level Terendah, Begini Rekomendasi Sahamnya


Senin, 10 Juni 2024 / 04:55 WIB
Saham Astra International (ASII) Jatuh ke Level Terendah, Begini Rekomendasi Sahamnya
ILUSTRASI. All New Alphard HEV dipamerkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Jumat (11/8/2023). Saham Astra International (ASII) Jatuh ke Level Terendah, Begini Rekomendasi Sahamnya


Reporter: Shifa Nur Fadila | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PT Astra International Tbk (ASII) masih terus melemah. Bahkan harga saham saat ini setara dengan Harga empat tahun lalu. 

Junior Research Analyst Pilarmas Investindo Sekuritas, Arinda Izzaty Hafiya, melihat secara analisis teknikal, saham ASII tengah retest supportnya pada level 4.510. Menurutnya harga saat ini juga sudah berada di titik terendah atau setara dengan harga empat tahun yang lalu.

"Kami menilai pelemahan harga saham ASII akibat anjloknya laba bersih yang turun 15,81% YoY menjadi Rp 7,46 triliun setelah sebelumnya berada pada level Rp 11,59 triliun," jelas Arinda pada Kontan, Minggu (9/6).

Baca Juga: Saham Astra International (ASII) Sentuh Level Terendah, Cermati Rekomendasi Analis

Arinda menjelaskan anjloknya laba bersih ASII ini dipicu oleh menurunnya pendapatan yang pada kuartal I-2024 yang melemah 2,13% YoY. Hasil ini bersumber dari penjualan mobil dan sepeda motor yang juga menyusut 20% YoY dan 7,8% YoY. "Tapi secara prospek masih positif," ujarnya. 

Meski begitu, Arinda menilai prospek jangka panjang ASII masih sangat baik. Menurutnya hal ini tidak lepas dari akan dibangunnya Astra Biz Center-IKN yang merupakan komplek terpadu untuk 11 merek perusahaan Grup Astra. 

Sedangkan Head of Equity Research Kiwoom Sekuritas Indonesia, Sukarno Alatas, mengatakan dalam jangka pendek pergerakan Harga saham ASII berhasil rebound dan kembali di atas level 4.530. Menurutnya dalam jangka pendek ada indikasi membaik untuk aham ASII.

Baca Juga: Tertekan, Saham Astra International (ASII) Sentuh Level Terendah dalam 3 Tahun

"Dan jika berhasil bertahan di atas 4.530 ada peluang kembali menguat ke resistance terdekat," jelas Sukarno.

Meski begitu, Sukarno melihat saat ini masih sangat minim sentimen positif yang dapat mendorong kinerja harga saham ASII.

 




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×