kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,06   -1,45   -0.16%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sah! Axiata dan Sinar Mas Sepakat Merger Smartfren (FREN) dan XL Axiata (EXCL)


Rabu, 15 Mei 2024 / 16:56 WIB
Sah! Axiata dan Sinar Mas Sepakat Merger Smartfren (FREN) dan XL Axiata (EXCL)
ILUSTRASI. Pekerja memainkan gawai saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) XL Axiata di Jakarta, Jumat (3/5/2024). Sah! Axiata dan Sinar Mas Sepakat Merger Smartfren (FREN) dan XL Axiata (EXCL)


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana penggabungan usaha alias merger PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) kian terang benderang. Pasalnya, para pengendali kedua entitas itu telah melakukan penandatangan nota kesepahaman. 

Para pemegang saham dan pengendali Smartfren, yakni PT Wahana Inti Nusantara, PT Global Nusa Data dan PT Bali Media Telekomunikasi dengan Axiata Group Berhad menandatangani nota kesepahaman pada Rabu, 15 Mei 2024. 

Sekretaris Perusahaan Smartfren Telecom James Wewengkang menjelaskan nota kesepahaman sehubungan dengan rencana merger operasi FREN dengan XL Axiata selaku anak usaha Axiata dan bersifat tidak mengikat. 

Baca Juga: Intip Rekomendasi XL Axiata (EXCL) di Tengah Wacana Merger dengan Smartfren (FREN)

"Konsolidasi bisnis tersebut diyakini akan memberikan manfaat bagi Indonesia, sektor telekomunikasi dan para pemangku kepentingan dengan lebih efektif," jelasnya dalam keterbukaan informasi, Rabu (15/5). 

James bilang rencana transaksi tersebut masih dalam tahap awal. Entitas gabungan antara Smartfren dan XL Axiata akan dikendalikan bersama dengan syarat tata kelola yang akan didiskusikan dan dirinci lebih lanjut. 

 

Harapannya, entitas gabungan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang unggul dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham dan para pemangku kepentingan lainnya melalui sinergi. 

Baca Juga: Laba Bersih XL Axiata (EXCL) Melesat 168,34% Menjadi Rp 539 Miliar di Kuartal I-2024

"Para Pemegang Saham dan Pengendali Smartfren bersama-sama dengan Axiata akan melakukan pengumuman lebih lanjut pada saat dan waktu yang tepat," kata James. 

Selanjutnya: Pendapatan Premi Bruto AXA Mandiri Turun 4% di 2023, Ini Penyebabnya

Menarik Dibaca: Bali Didominasi Cerah, Pantau Prakiraan Cuaca Besok (16/5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×