kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

RUPO Altus setujui rencana buyback Chandra Asri


Senin, 08 Oktober 2012 / 14:53 WIB
RUPO Altus setujui rencana buyback Chandra Asri
ILUSTRASI. Harga mobil bekas Nissan X-Trail murah meriah, pilihan SUV Agustus 2021


Reporter: Astri Kharina Bangun | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) Altus Capital Pte Ltd di Hongkong menyetujui pembelian kembali seluruh senior secured guarenteed notes (obligasi) oleh PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) yang masih beredar.

"RUPO hari ini menyetujui buyback seluruh sisa obligasi berdemominasi dollar AS terbitan Altus yang masih beredar senilai US$ 184,9 juta," ungkap Senior Vice President Chandra Asri Suryandi dalam siaran pers, Senin (8/10).

Harga penebusan wajib obligasi adalah sebesar 104% dari nilai pokok ditambah bunga yang masih harus dibayar. Adapun tanggal penyelesaian  sehubungan dengan seluruh sisa Obligasi yang disetujui untuk dibeli kembali oleh Penerbit adalah tanggal 15 Oktober 2012.

Obligasi dengan kupon bunga 12,875% tersebut diterbitkan Altus Capital Pte Ltd yang merupakan anak perusahaan Chandra Asri Petrochemical pada 10 Februari 2010 dan jatuh tempo pada 2015. Obligasi tersebut dijamin oleh PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Styrindo Mono Indonesia, dan PT Petrokimia Butadiene Indonesia.

Suryandi mengungkapkan, sumber dana pembelian kembali seluruh sisa obligasi berasal dari fasilitas pinjaman (term loan) sebesar US$ 220 juta dengan tenor 7 tahun. Pinjaman ini diperoleh Perseroan dari Bangkok Bank Public Company Limited, Cabang Jakarta dan The Siam Commercial Bank Public Company Limited.

"Buyback ini bertujuan mengurangi beban bunga pinjaman Perseroan serta memperoleh tenor pinjaman yang lebih panjang," kata Suryandi.

Berdasarkan hasil analisa yang Moody’s pada 28 September 2012, rencana buyback Obligasi yang telah diterbitkan Altus Capital Pte Ltd tersebut akan berdampak positif terhadap menurunnya beban keuangan dan memberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News





[X]
×