kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rupiah terancam melemah akibat klarifikasi pernyataan The Fed New York


Senin, 22 Juli 2019 / 09:32 WIB
Rupiah terancam melemah akibat klarifikasi pernyataan The Fed New York

Berita Terkait

Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah melemah terhadap dollar AS pada awal perdagangan Senin (22/7). Senin (22/7) pukul 9.27 WIB, rupiah spot melemah 0,18% ke Rp 13.963 per dollar AS.

Hal ini seiring dengan munculnya klarifikasi atas pernyataan The Fed New York pekan lalu. Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail Zaini memperkirakan, indeks dollar AS akan bergerak menguat di kisaran 97,20—97,30 pada hari ini. Kurs dollar AS pun berpotensi menguat terhadap hampir seluruh mata uang utama dunia lainnya.


Penguatan dollar AS ditopang oleh klarifikasi dari The Fed New York. Dalam hal ini, pernyataan Presiden The Fed New York John Williams sebelumnya terkait kebijakan moneter The Fed yang harus agresif memotong suku bunga acuan AS ternyata bukanlah pernyataan resmi.

“Pernyataan tersebut merupakan analisa pribadinya dan bukanlah arah kebijakan yang akan diambil The Fed,” ungkap Mikail dalam riset harian yang diterima Kontan.co.id.

Dengan demikian, rupiah terancam melemah akibat penguatan indeks dollar AS tersebut. Prediksi Mikail, rupiah akan bergerak di kisaran Rp 13.970—Rp 13.980 pada hari ini.

 




TERBARU

Close [X]
×