kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah Menguat ke Rp 14.785 per Dolar AS Kamis (27/4) Pagi, SUN Jadi Buruan Asing


Kamis, 27 April 2023 / 09:37 WIB
Rupiah Menguat ke Rp 14.785 per Dolar AS Kamis (27/4) Pagi, SUN Jadi Buruan Asing
ILUSTRASI. Kamis (27/4) pukul 9.20 WIB, kurs rupiah spot berada di Rp 14.785 per dolar AS.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah makin kokoh menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) setelah libur panjang lebaran. Kamis (27/4) pukul 9.20 WIB, kurs rupiah spot berada di Rp 14.785 per dolar AS.

Kurs rupiah spot menguat 0,34% dari penutupan perdagangan kemarin di Rp 14.836 per dolar AS. Dalam tiga hari perdagangan sejak awal pekan, kurs rupiah mengakumulasikan penguatan 1,27%.

JP Morgan Asset Management terus mengakumulasi surat utang negara (SUN). Bloomberg melaporkan bahwa kepemilikan SUN oleh JPMorgan kemungkinan akan melewati kepemilikan surat utang China. 

Kelolaan pendapatan tetap Asia JPMorgan Asset Management meningkat lebih dari 8% di kuartal pertama tahun ini. Bahkan, peningkatan ini berpotensi lebih besar lagi.

Baca Juga: Gerak Rupiah Masih Menanti Data Ekonomi AS

SUN Indonesia menjadi salah satu instrumen investasi yang menarik karena menawarkan imbal hasil tertinggi jika dibandingkan dengan negara-negara peers di Asia. Yield SUN acuan Indonesia lebih tinggi ketimbang Filipina, Thialand, India, Malaysia, China, Taiwan, dan Korea Selatan.

Posisi bullish JPMorgan pada obligasi Indonesia menjadi sentimen positif bagi rupiah yang juga menjadi salah satu mata uang berkinerja terbaik di Asia.

Rally terhadap SUN dan rupiah juga dipicu oleh ekspor nikel yang melonjak.

"Setiap produsen baterai terbesar mencoba masuk ke Indonesia," kata Jason Pang, manajer portofolio JPMorgan Asset Management dalam wawancara dengan Bloomberg pekan lalu.

Baca Juga: Begini Prediksi Kurs Rupiah Untuk Kamis (27/4) Saat Dolar AS Menguat

Rupiah memimpin penguatan mata uang regional Asia pada hari ini. Selain rupiah, baht Thailand, yen Jepang, dolar Singapura, ringgit Malaysia, dan yuan China menguat terhadap dolar AS.

Sementara won Korea, peso Filipina, dan dolar Hong Kong melemah terhadap the greenback. Di sisi lain, indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia melemah tipis 0,09% ke 101,38.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×