kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah diprediksi melanjutkan pelemahan esok hari, ini faktor pemicunya


Selasa, 09 Juli 2019 / 17:04 WIB
Rupiah diprediksi melanjutkan pelemahan esok hari, ini faktor pemicunya


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah ditutup melemah 0,15% ke level Rp 14.130 per dollar AS pada akhir perdagangan Selasa (9/7). Tren pelemahan rupiah sejak awal pekan lalu diprediksi akan masih berlanjut hingga esok hari karena terdorong faktor eksternal dan internal.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan pelemahan rupiah hari ini terdorong oleh beberapa faktor seperti berkurangnya harapan pasar terhadap The Fed untuk mengurangi suku bunga yang sudah mempengaruhi pergerakan rupiah sejak Senin lalu. 

Selain itu, Ibrahim bilang  rupiah melemah hari ini juga disebabkan oleh investor masih wait and see menanti data PDB dan output industri AS yang akan dirilis pada Rabu dan dilanjutkan dengan Bank of England akan merilis laporan stabilitas keuangan pada keesokan harinya.

"Kalau seandainya data ekonomi Inggris jelek, maka ada spekulasi Bank of England akan segera bergabung dengan bank sentral utama lainnya dalam meredakan kebijakan moneter dalam menanggapi meningkatnya kekhawatiran tentang ekonomi global dan keluarnya Inggris dari Uni Eropa," ujar Ibrahim.

Dari faktor domestik, Ibrahim mengatakan proyeksi BI terkait pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2019 yang lebih rendah dari kuartal I-2019 cukup mempengaruhi pergerakan rupiah hari ini. 

"Pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2019 diprediksi lebih rendah atau kurang lebih sama dari kuartal I-2019 kemarin yaitu antara 5,07%-5,1%," sebut Ibrahim.

Ibrahim memperkirakan esok hari rupiah akan melemah di rentang Rp 14.080-Rp 14.200 per dollar AS.

"Pelemahan diakibatkan oleh optimisme konsumen akan kondisi perekonomian Indonesia sedikit berkurang di bulan Juni 2019," tutup Ibrahim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×