kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah akan disetir sentimen pajak AS


Minggu, 17 Desember 2017 / 18:02 WIB
Rupiah akan disetir sentimen pajak AS


Reporter: Dimas Andi | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan nilai tukar rupiah pada awal pekan depan akan ditentukan oleh reaksi pasar terhadap kelanjutan rencana reformasi perpajakan Amerika Serikat.

Andri Hardianto, analis Asia Tradepoint Future mengatakan, pelaku pasar saat ini sudah beralih fokus dari isu kenaikan suku bunga acuan AS menuju kelanjutan reformasi pajak AS. Hal ini mengingat RUU tersebut ditargetkan sudah bisa diresmikan menjadi UU sebelum tanggal 22 Desember mendatang.

Jika perkembangan reformasi pajak AS kurang menggembirakan, rupiah bisa memanfaatkan kondisi tersebut. Terlebih lagi, kondisi fundamental dalam negeri sedang dalam tren positif. Hal tersebut tercermin dari data neraca perdagangan Indonesia yang masih mencatatkan surplus serta kinerja ekspor dan impor yang naik secara tahunan.

Selain itu, selama pekan kemarin, harga sejumlah komoditas mampu menunjukkan penguatan, salah satunya minyak mentah. Penguatan tersebut menurut Andri cukup berdampak positif untuk rupiah.

Dia menambahkan, di luar isu reformasi pajak AS, sentimen eksternal yang mempengaruhi pergerakan rupiah cenderung minim. “Hingga akhir bulan ini data ekonomi yang dirilis tinggal sedikit,” katanya.

Prediksi Andri, kurs rupiah terhadap dollar AS akan bergerak di kisaran Rp 13.520-Rp 13.570 per dollar AS pada perdagangan Senin (18/12).

Pada penutupan Jumat (15/12), kurs rupiah di pasar spot menguat 0,04% ke level Rp 13.570 per dollar AS. Namun, sepanjang pekan lalu, rupiah masih melemah 0,14%. Sementara kurs tengah Bank Indonesia menunjukan, Jumat, nilai tukar rupiah melemah 0,05% ke level Rp 13.573 per dollar AS, dan sepekan terdepresiasi 0,12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×