kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,21   -6,20   -0.61%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Romo Nitiyudo Wachjo jadi Presiden Komisaris Petrosea (PTRO), Siapa Dia?


Jumat, 02 September 2022 / 21:30 WIB
Romo Nitiyudo Wachjo jadi Presiden Komisaris Petrosea (PTRO), Siapa Dia?


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Romo Nitiyudo Wachjo resmi menjadi Presiden Komisaris PT Petrosea Tbk (PTRO). Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Jumat (2/9) menyetujui rencana perubahan susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan, salah satunya ialah mengangkat pria yang akrab dengan sebutan Haji Robert tersebut sebagai Presiden Komisaris PTRO yang baru menggantikan Richard Bruce Ness.

Pada jajaran komisaris, perubahan lainnya yang disepakati yakni mengangkat Hanifa Indradjaya yang semula menjabat sebagai Presiden Direktur PTRO menjadi Wakil Presiden Komisaris PTRO, Marsekal Madya TNI (Purn.) Prof. Ginandjar Kartasasmita dan Jenderal Pol (Purn.) Drs. Sutanto sebagai Komisaris baru PTRO, serta  Setia Untung Arimuladi S.H., M.Hum dan  Prof. Dr. Supandi, S.H., M.Hum sebagai Komisaris Independen baru PTRO.

Sementara itu, pada jajaran direksi, perubahan yang disepakati ialah mengangkat Romi Novan Indrawan yang semula menjabat sebagai direktur untuk menggantikan Hanifa Indradjaya sebagai Presiden Direktur PTRO yang baru, mengangkat Rafael Nitiyudo sebagai Wakil Presiden Direktur, serta mengangkat Aldi Rakhmatillah, Pankaj Motilaj, serta Ruddy Santoso sebagai Direktur baru PTRO.

Baca Juga: AKR Corporindo (AKRA) Kembali Jadi Badan Usaha Penyedia Jenis BBM Tertentu 2023-2027

Dengan perubahan susunan ini, maka susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi PTRO menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris 
Presiden Komisaris : Romo Nitiyudo Wachjo 
Wakil Presiden Komisaris : Hanifa Indradjaya 
Komisaris : Djauhar Maulidi S.E., M.B.A. 
Komisaris : Marsekal Madya TNI (Purn.) Prof. Ginandjar Kartasasmita 
Komisaris : Jenderal Pol (Purn.) Drs. Sutanto 
Komisaris Independen : Osman Sitorus 
Komisaris Independen : Hasnul Suhaimi 
Komisaris Independen : Setia Untung Arimuladi S.H., M.Hum. 
Komisaris Independen Prof. Dr. Supandi, S.H., M.Hum.

Dewan Direksi 
Presiden Direktur : Romi Novan Indrawan 
Wakil Presiden Direktur : Rafael Nitiyudo 
Direktur : Aldi Rakhmatillah 
Direktur : Pankaj Motilal 
Direktur : Ruddy Santoso

“Direksi dan Dewan Komisaris Perusahaan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Richard Bruce Ness, Bapak Purbaja Pantja dan Bapak Kamen Kamenov Palatov selaku anggota Dewan Komisaris sebelumnya, serta Bapak Hanifa Indradjaya dan Ibu Meinar Kusumastuti selaku anggota Direksi sebelumnya atas kontribusi dan dedikasinya terhadap Perusahaan semasa menjabat,” tulis Manajemen PTRO dalam siaran pers yang dirilis Jumat (2/9).

Melansir pemberitaan Business Insight KONTAN (25/8), Romo Nitiyudo Wachjo merupakan pemegang saham mayoritas PT Caraka Reksa Optima, yaitu perusahaan yang mengakuisisi 704.014.200 saham atau setara 69,8% saham PTRO dari tangan PT Indika Energy Tbk dengan nilai transaksi Rp 2,19 triliun. 

KONTAN mencatat, porsi kepemilikan saham Romo dalam Caraka Reksa Optima yang baru berdiri pada September 2021 lalu itu mencapai 80%. Sisanya dimiliki oleh PT Dua Usaha Karya Negeri, perusahaan yang dimiliki oleh Troy Trijono dan Rafael Nitiyudo dengan kepemilikan masing-masing sebesar 50%.

Baca Juga: Mahkota Group (MGRO) akan Genjot Penjualan Minyak Sawit Mentah dan Turunnya

TIdak hanya di Caraka Reksa Optima, jejak Romo Nitiyudo juga dapat ditemui di perusahaan lainnya. Di PT Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS), Romo Nitiyudo tercatat memiliki kepemilikan langsung atas 237.518.727 saham atau setara 13.45% saham OKAS berdasarkan data RTI (efektif 31 Juli 2022).

Dengan porsi tersebut, Romo Nitiyudo menjadi pemegang saham dengan kepemilikan langsung terbesar kedua di OKAS setelah entitas pengendali OKAS, yaitu PT Multi Berkat Energi yang memiliki kepemilikan langsung 52,00% di OKAS menurut data RTI (efektif 31 Juli 2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×