kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,96   4,45   0.48%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmi Melantai di Bursa, Saham Amman Mineral (AMMN) Naik Tipis 1,18%


Jumat, 07 Juli 2023 / 09:25 WIB
Resmi Melantai di Bursa, Saham Amman Mineral (AMMN) Naik Tipis 1,18%
ILUSTRASI. Saham Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) naik 1,18% di awal perdagangan perdana di hari ini (7/7)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (7/7). AMMN menjadi perusahaan ke-45 yang melantai di BEI sepanjang 2023.

Pada perdagangan perdana, saham AMMN 1,18% ke level Rp 1.715 per saham.

AMMN memasang harga IPO Rp 1.695 per saham. Sebelumnya, AMMN memasang harga bookbuilding berkisar antara Rp 1.650 sampai dengan Rp 1.775 per saham.

Dalam aksi korporasi tersebut, AMMN melepas sebanyak-banyaknya sebesar 7,28 miliar atau sebanyak-banyaknya sebesar 10% dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO.

Dengan demikian, AMMN berpotensi meraup dana segar hingga sebesar Rp 10,73 triliun dari hajatan penawaran umum perdana saham ini.

Baca Juga: Jadi IPO Terbesar Tahun Ini, Begini Valuasi Saham Amman Mineral (AMMN)

Emisi ini akan menjadikan IPO AMMN sebagai yang terbesar tahun ini. Sebelumnya, rekor emisi IPO terbesar tahun ini dipegang oleh PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) dengan nilai emisi IPO mencapai Rp 9,97 triliun.

AMMN akan mengalokasikan dana hasil IPO ini antara lain untuk penyetoran modal kepada PT Amman Mineral Industri (AMIN) melalui pengambil bagian saham baru yang diterbitkan oleh AMIN, yang selanjutnya akan digunakan oleh AMIN untuk membiayai pengeluaran modal atas proyek smelter dan pemurnian logam mulia AMIN di Desa Maluk, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat sebesar Rp 1,79 triliun

Dana IPO juga akan digunakan untuk pelunasan utang kepada PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) sebesar Rp 3,05 triliun.

Sisa dana akan digunakan untuk penyetoran modal kepada AMNT melalui pengambil bagian saham baru yang akan diterbitkan oleh AMNT, yang selanjutnya akan digunakan oleh AMNT untuk membiayai pengeluaran modal atas proyek ekspansi pabrik konsentrator di Desa Sekongkang Atas, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat.

 

Dana juga akan digunakan untuk proyek pembangkit listrik tenaga gas dan uap di Desa Benete, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×