kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resi Gudang Tumbuh, Gudang SRG akan Jadi Peluang Usaha Baru


Kamis, 17 Maret 2022 / 13:25 WIB
Resi Gudang Tumbuh, Gudang SRG akan Jadi Peluang Usaha Baru
ILUSTRASI. Resi gudang beras di Karawang, Jawa Barat.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemanfaatan resi gudang di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Data dari PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) menunjukkan, di awal tahun 2022 sampai bulan Februari 2022 tercatat 83 resi gudang yang diregistrasi dengan volume barang mencapai 2.067 ton dengan nilai pembiayaan sebesar Rp 185,7 miliar.

Sementara itu, di tahun 2021 jumlah resi gudang yang diregistrasi mencapai 633 resi gudang, dalam volume 13.968 ton dengan nilai pembiayaan sebesar Rp 277  miliar. Pencapaian di tahun 2021 tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2020, di mana  jumlah resi gudang yang diregistrasi mencapai 427 resi gudang dalam volume 9.590 ton dengan nilai pembiayaan mencapai 93,8 miliar.

Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi mengatakan, pemanfaatan resi gudang yang terus mengalami pertumbuhan ini tentunya memberikan peluang bisnis baru bagi kalangan usaha, yaitu dengan membangun gudang sistem resi gudang (SRG). Apalagi, Indonesia memiliki kekayaan berupa komoditas yang besar dan tersebar di berbagai wilayah.

“Ini tentunya akan membutuhkan gudang-gudang untuk menjadi gudang SRG. Para pebisnis atau kalangan usaha tentunya dapat membangun gudang SRG di berbagai daerah untuk menangkap potensi besar ini,” kata Fajar dalam keterangan tertulis, Kamis (17/3).

Baca Juga: KBI Catatkan Pertumbuhan Registrasi Resi Gudang 48% Sepanjang 2021

Sampai dengan saat ini, jumlah gudang SRG yang aktif sebanyak 233 Gudang. Gudang SRG yang ada tersebut tersebar di beberapa provinsi, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Maluku serta Bangka Belitung.

Terkait gudang SRG, Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas Bappebti Widiastuti berharap, ke depan gudang-gudang SRG bisa menjangkau semua wilayah di Indonesia. Untuk itu, Bappebti terus melakukan komunikasi dengan para pemangku kepentingan dalam upaya untuk meningkatkan jumlah gudang SRG ini.

“Selain upaya untuk meningkatkan jumlah gudang SRG, melalui gudang gudang swasta untuk menjadi gudang SRG, sehingga pemanfaatan peran dan manfaat  SRG dapat dirasakan masyarakat dan pelaku usaha.  Bappebti juga terus melakukan pengawasan terhadap gudang-gudang SRG yang ada, sehingga dapat menjadi tempat penyimpanan komoditas secara aman, serta memenuhi standar mutu yang ada,” imbuhnya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No 14 tahun 2021 yang merupakan perubahan Peraturan Menteri Perdagangan No 33 tahun 2020 tentang Barang dan Persyaratan Barang yang Dapat Disimpan dalam Sistem Resi Gudang, komoditas yang dapat masuk ke SRG meliputi beras, gabah, jagung, kopi, kakao, karet, garam, lada, pala, ikan, bawang merah, rotan, teh, rumput laut, gambir, timah, gula Kristal putih, kedelai serta ayam karkas beku.

Fajar menambahkan, sebagai pusat registrasi, KBI akan terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya kepada para petani, pemilik komoditas serta pengelola gudang terkait registrasi resi gudang.

Saat ini, pihaknya telah menyiapkan aplikasi registrasi resi gudang yaity IS-Ware NextGen. Dengan aplikasi yang berbasis teknologi blockchain dan smart contract ini, akan memberikan kemudahan dan keamanan bagi pemilik komoditas untuk melakukan registrasi.

“Selain itu, kami bersama dengan pemangku kepentingan lain juga terus melakukan edukasi dan sosialiasai terkait manfaat resi gudang ini kepada masyarakat,” imbuh Fajar.

Baca Juga: KBI Catatkan Pembiayaan Resi Gudang Capai Rp 185,7 Miliar hingga Februari 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×