kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Relaunching, strategi alokasi aset BNP Paribas Equitra kini lebih aktif


Rabu, 28 Februari 2018 / 20:21 WIB
Relaunching, strategi alokasi aset BNP Paribas Equitra kini lebih aktif


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BNP Paribas Investment Partners meluncurkan kembali reksadana campuran BNP Paribas Equitra, Rabu (28/2). Peluncuran kembali dilakukan karena reksadana yang meluncur sejak 10 Oktober 2005 ini menggunakan strategi pengelolaan baru sejak Desember 2017.

Vivian Secakusuma, Presiden Direktur PT BNP Paribas Ivestment Partners mengatakan, sebelumnya reksadana ini lebih mementingkan strategi pengelolaan yang meminimalisasi risiko. "Dulu saat 2008, IHSG turun 50%, reksadana ini dulu hanya turun 5% karena memang strategi investasi pengelolaan kebijakannya menyebutkan bahwa risiko dibatasi maksimal 5%, fokus ada di minimalisir risiko," paparnya, Rabu.

Namun, Vivian menyadari strategi pengelolaan yang lama memiliki kekurangan, yaitu reksadana ini jadi sangat konservatif dan menjadi tidak bisa menikmati pergerakan pasar dengan maksimal ketika bullish.

Ditengah fluktuasi pasar yang tinggi, kini reksadana BNP Paribas Equitra menjalankan strategi alokasi aset yang aktif untuk membantu investor menghadapi fluktuasi pasar. "Perbedaanya kami berusaha seiring dengan pergerakan pasar tetapi juga tidak terlalu fluktuatif," kata Vivian.

Komposisi portofolio yang baru yakni sebesar 20%-50% di obligasi, 0%-10% di saham dan 0%-40% di pasar uang. Vivian menjelaskan saham yang dipilih adalah saham likuid di konstituen IDX 30. Sementara pada obligasi dipilih obligasi pemerintah maupun korporasi. Untuk tenor obligasi mayoritas bertenor pendek.

Dengan strategi baru ini, Vivian berusaha menyajikan instrumen investasi dengan imbal hasil yang lebih stabil dengan eksposure efek saham akan dibatasi guna mengurangi fluktuasi akibat pergerakan pasar saham.

Fitur baru dari reksadana ini juga menjawab keinginan pasar dengan memberikan imbal hasil investasi secara tunai setiap bulan. "Setiap bulannya ada pembagian dividen tergantung seberapa besar capital gain dan pergerakan NAB," kata Vivian.

BNP Paribas Equitra kini tersedia di 13 bank mitra distribusi dan tiga perusahaan sekuritas online. Tidak ada minimal pembelian reksadana ini. Melalui reksadana BNP Paribas Equitra yang diperbarui, Vivian ingin mengincar investor pemula yang ingin menikmati pergerakan pasar dengan risiko yang relatif terjaga.

Jenis investor yang cocok untuk reksadana ini adalah konservatif hingga moderat yang berinvestasi dalam jangka waktu pendek hingga menengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×