kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45796,59   20,69   2.67%
  • EMAS934.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Reksadana saham jadi jawara dalam sebulan, kinerjanya naik 3,79%


Senin, 29 Juni 2020 / 16:02 WIB
Reksadana saham jadi jawara dalam sebulan, kinerjanya naik 3,79%
ILUSTRASI. Ilustrasi reksadana saham

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelonggaran kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi new normal atau kenormalan baru ternyata berhasil mendongkrak kinerja seluruh jenis reksadana. 

Berdasarkan data Infovesta Utama, Senin (29/6), kinerja positif seluruh jenis reksadana tersebut didukung oleh membaiknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang catatkan return 3,17% secara bulanan. 

Setali tiga uang, indeks obligasi juga kompak mencatatkan kinerja positif. Terlihat dari Infovesta Government Bond Index (IGBI) dan Infovesta Corporate Bond Index (ICBI) yang masing-masing tumbuh 1,30% dan 0,46%

Membaiknya IHSG mendorong pertumbuhan reksadana saham yang tercermin dari kinerja Infovesta 90 Equity Fund Index yang naik 3,79% sepanjang bulan Juni ini. Sementara kinerja reksadana campuran yang tercermin dari Infovesta 90 Balanced Fund Index juga tumbuh 2,70%.

Baca Juga: Pasar obligasi naik, kinerja reksadana pendapatan tetap paling moncer di pekan lalu

Keputusan pemerintah yang memangkas suku bunga acuan menjadi 4,25% diyakini memberi dampak positif terhadap sejumlah reksadana, khususnya reksadana pendapatan tetap. Terlihat dari kinerja reksadana pendapatan tetap yang tercermin dari Infovesta 90 Fixed Income Fund Index tercatat tumbuh 1,44%.

Sedangkan kinerja reksadana pasar uang yang tercermin dari Infovesta 90 Money Market Fund Index masih tumbuh mini 0,35%.

Perlu diketahui, kinerja positif seluruh reksadana tersebut terjadi dalam periode bulanan, hingga 26 Juni 2020.

Meski situasi kenormalan baru berhasil membuat kinerja positif dan memberi sinyal mulai masuknya investor ke industri reksadana. Masih ada indikasi kehati-hatian investor yang terlihat dari VIX index yang mengalami kenaikan selama Juni. Pada awal bulan tercatat masih di level 28,22, namun pada 26 Juni sudah ada di level 34,73

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×