kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,51   -6,42   -0.63%
  • EMAS992.000 0,51%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Rebalancing KOMPAS100, Berikut Saham-Saham yang Menarik Dicermati


Jumat, 28 Januari 2022 / 06:36 WIB
Rebalancing KOMPAS100, Berikut Saham-Saham yang Menarik Dicermati
ILUSTRASI. Karyawan melintas di dekat layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan evaluasi mayor terhadap indeks KOMPAS100 untuk periode Februari-Juli 2022 yang akan berlaku mulai 2 Februari 2022. Setelah evaluasi ini, ada 14 saham yang dikeluarkan dari indeks dan ada 14 saham baru yang dimasukkan menjadi anggota indeks.

Berdasarkan pengumuman BEI tanggal 25 Januari 2022, sebanyak 14 saham baru yang ditambahkan adalah PT Archi Indonesia Tbk (ARCI), PT Bank Jago Tbk (ARTO), PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS), PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL), dan PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (ISSP).

Ada juga PT Mega Manuggal Property Tbk (MMLP), PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA), PT Triputro Agro Persada Tbk (TAPG), PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU), dan PT Zyrexindo Mandiri Buana Tbk (ZYRX).

Sementara itu, sebanyak 14 saham yang keluar dari indeks ini terdiri dari PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST), PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), PT Indomobil Sukses International Tbk (IMAS), PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV), dan PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk (MCOR).

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham yang Bisa Dilirik Saat IHSG Diramal Menguat pada Jumat (28/1)

Ada juga PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN), PT Panin Financial Tbk (PNLF), PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR), PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE), dan PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON).

Mulai Februari 2021 nanti, BEI juga akan menerapkan saham free float 100% untuk jumlah saham dalam perhitungan indeks dengan batasan bobot ( cap) 9%. Sebagai contoh, saat ini, jumlah saham dalam perhitungan indeks KOMPAS100 untuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) adalah sebanyak 89.830.297.875 saham.

Setelah perhitungan baru dengan persentase free float 46,75% serta mengingat adanya cap 9%, maka jumlah saham dalam perhitungan indeks KOMPAS100 untuk BBRI adalah sebanyak 35.052.848.682 saham.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama menilai, persentase beserta jumlah free float akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi investor dalam bertransaksi. Emiten dengan free float yang lebih besar akan terlihat lebih menarik untuk diperdagangkan.

"Pasalnya, saham dengan free float besar dinilai lebih likuid dan mencerminkan volatilitas pasar yang sesungguhnya," kata Okie saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (27/1).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMODP)

[X]
×