kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

RANC pastikan bottom line lebih positif tahun ini


Senin, 23 Mei 2016 / 19:32 WIB
RANC pastikan bottom line lebih positif tahun ini


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) memastikan kinerja tahun ini positif. Pemilik gerai Ranch Market dan Farmers Market ini memastikan laba bersihnya akan kembali positif.

Laba bersih tahun ini diprediksi mencapai Rp 40 miliar. "Target ini mencerminkan margin laba bersih sekitar 1,8%," tulis manajemen dalam laporan resminya, (23/5).

Catatan saja, target ini jauh lebih positif ketimbang realisasi tahun lalu ketika RANC mencatatkan rugi bersih sekitar Rp 11 miliar. Rugi ini dipicu oleh tutupnya gerai Farmers Market Bogor dan Ranch Market St. Moritz sepanjang tahun lalu.

Tapi faktor kerugian yang juga cukup berpengaruh adalah, lesunya kinerja salah satu anak usaha RANC, yakni PT bahagia Niaga Lestari selaku operator gerai Ministop.

Pada saat yang bersamaan, divestasi bahagia Niaga Lestari juga dilakukan dengan harga yang lebih rendah. Dengan kata lain, RANC menjual rugi anak usahanya ini. Tapi setidaknya, untuk jangka panjang kinerja keuangan RANC tidak lagi terseret oleh performa loyo anak usahanya ini.

RANC sebelumnya menggenggam 70% saham Bahagia Niaga Lestari. Akhir tahun lalu, RANC mendivestasi 70% saham Bahagia Niaga Lestari dengan nilai Rp 9,8 miliar.

Guna mendukung target tersebut, RANC menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp 40 miliar untuk mendirikan tiga gerai tersebut. Sumber pendanaannya nanti menggunakan kombinasi antara utang bank dan kas internal.

Manajemen berencana membuka dua gerai Ranch Market di South Quarter Dome dan La Maison, Jakarta pada kuartal kedua nanti. Sementara, pada kuartal IV, manajemen akan membuka satu Farmers Market di Eco Plaza Citra Raya, Cikupa.

Perseroan menetapkan target pendapatan Rp 2,15 triliun, naik 12% dibanding realisasi tahun lalu. "Target tersebut akan kami capai dengan memaksimalkan pendapatan dari gerai yang sudah kami miliki dan tiga gerai baru yang akan kami buka tahun ini," tulis manajemen RANC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×