kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,37   -5,10   -0.50%
  • EMAS945.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Ramayana Akan Buyback Saham RALS, Investor Ritel Perlu Beli atau Jual?


Selasa, 09 Agustus 2022 / 07:15 WIB
Ramayana Akan Buyback Saham RALS, Investor Ritel Perlu Beli atau Jual?
ILUSTRASI. Ramayana Akan Buyback Saham RALS, Investor Ritel Perlu Beli atau Jual?


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Manajemen PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk berencana untuk melakukan pembelian kembali atawa buyback saham RALS. Dengan rencana buyback tersebut, apakah sekarang saatnya koleksi atau jual saham RALS?

Manajemen RALS bakal melakukan buyback sebanyak-banyaknya 5% saham dari modal disetor atau maksimum sebanyak 360 juta saham. Untuk aksi korporasi buyback saham RALS, manajemen menyiapkan dana Rp 200 miliar. 

Kabar buyback ini sudah menjadi sentimen positif terhadap saham RALS. Pada perdagangan Senin 8 Agustus 2022, harga saham RALS ditutup di level 580, naik 5 poin atau 0,87% dibandingkan sehari sebelumnya.

Namun secara year to date (ytd) atau sejak awal tahun, harga saham RALS masih mengalami penurunan sebesar 100 poin atau 14,71%.

Vice President Director RALS, Jane Melinda Tumewu bilang rencana buyback ini bertujuan untuk meningkatkan nilai pemegang saham dengan mengembalikan arus kas kepada para pemegang saham. 

"Persetujuan atas rencana buyback ini akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada perseroan dalam mengelola modal untuk mencapai struktur permodalan yang lebih efisien," kata Jane kepada Kontan, Senin (8/8). 

Baca Juga: Khusus Penggemar Blue Chip, Cek Rekomendasi Saham Yang Perlu Dibeli Hari Ini (8/8)

Untuk mengeksekusi aksi korporasi ini, RALS perlu meminta restu kepada para pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2022 mendatang. 

Sementara itu, Research Analyst Raka Junico bilang aksi korporasi buyback ini akan menjadi sentimen positif bagi pergerakan harga saham RALS. "Ada katalis positif untuk harga saham dimana RALS ini berencana untuk buyback kembali, tapi menunggu keputusan dari RUPSLB," jelas dia. 

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera, Raditya Pradana rekomendasi beli saham RALS. Pasalnya, harga saham RALS punya potensi upside hingga 56,5% dengan target harga atau nilai intrinsik sebesar Rp 900 per saham.

Ia menilai apabila transisi pandemi bergerak menuju endemi berjalan lancar di semester kedua ini, kinerja RALS akan kembali terkerek. "Diproyeksikan, di tahun ini RALS dapat mencatatkan laba bersih sejumlah Rp 350 miliar hingga Rp 400 miliar," kata Raditya kepada Kontan, Minggu (7/8).

Baca Juga: Harga Saham AKRA Hingga 5/8/2022 Beri Untung 37% Ytd, Analis Tetap Rekomendasi Beli

Adapun laba komprehensif tahun berjalan RALS mencapai Rp 288,45 miliar di semester I-2022. Nilai ini melejit 107,69% secara tahunan dari Rp 138,89 miliar semester I-2021.

Di lain sisi, Raditya menilai laju inflasi global maupun domestik yang tak kunjung melandai bakal menjadi katalis pergerakan kinerja RALS ke depannya. Asal tahu saja, inflasi pada Juli 2022 mencapai 0,64% month on month (mom) atau berada di level 4,94% yoy.

 Itulah rekomendasi saham RALS untuk perdagangan hari ini Selasa 9 Agustus 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham RALS di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×