kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ramai Saham Baru di Daftar Potensi Delisting, Alarm Lebih Ketat Menyaring IPO!


Selasa, 02 Juli 2024 / 06:35 WIB
Ramai Saham Baru di Daftar Potensi Delisting, Alarm Lebih Ketat Menyaring IPO!
ILUSTRASI. Seorang pekerja melihat layar digital yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (28/6/2024). IHSG BEI pada Jumat (28/6) dibuka menguat 21,41 poin atau 0,31 persen ke posisi 6.989,37, sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 4,93 poin atau 0,56 persen ke posisi 879,33 mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan global. ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/tom.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan 50 saham yang berpotensi mengalami pembatalan pencatatan (delisting). Secara umum, saham-saham di daftar potensi delisting ini telah mengalami suspensi selama 10 bulan hingga 65 bulan.

Dalam daftar yang diteken pada 28 Juni 2024 tersebut, muncul beberapa nama emiten seperti PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), PT Hanson International Tbk (MYRX), PT HK Metals Utama Tbk (HKMU) hingga PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY).

Di antara 50 saham potensi delisting itu, ada deretan saham yang sejatinya masih terbilang anyar. Saham tersebut belum genap lima tahun listing atau menggelar Initial Public Offering (IPO). Contohnya PT Indosterling Technomedia Tbk (TECH) yang baru melantai BEI pada 4 Juni 2020.

Baca Juga: Lunasi Utang Ke JCC, META Siap Delisting Saham

Kemudian ada PT Cahaya Bintang Medan Tbk (CBMF) yang baru listing pada 9 April 2020. Selain itu, terdapat saham yang baru menggelar IPO pada tahun 2019 seperti PT Trinitan Metals and Minerals Tbk (PURE), PT Capri Nusa Satu Properti Tbk (CPRI), dan PT Bhakti Agung Propertindo Tbk (BAPI).

Hal ini pun kembali memincu sorotan terhadap otoritas pasar modal terkait penyaringan calon emiten yang menggelar IPO. Founder & CEO Finvesol Consulting Fendi Susiyanto menyoroti kondisi ini layak menjadi alarm bagi otoritas bursa untuk lebih ketat menyeleksi emiten-emiten baru.

Tak hanya mengejar target kuantitas emiten anyar, BEI juga mesti lebih selektif menyaring kriteria yang layak go public.

Bersamaan dengan faktor fundamental perusahaan, otoritas pasar modal perlu mencermati operasional dan prospek bisnis, serta sejauh mana perusahaan ini bisa bertahan dalam dinamika makro-ekonomi.

Kemudian, penting untuk menilik integritas dan kredibilitas dari manajemen. Supaya menghindarkan IPO hanya sebagai exit strategy usai meraup dana dari publik.

"Screening process yang ketat di awal akan lebih bagus, setidaknya bisa meminimalisasi calon emiten bermasalah. Khawatirnya ada IPO hanya untuk hit and run atau secara perusahaan tidak memadai," kata Fendi kepada Kontan.co.id, Senin (1/7).

 

Baca Juga: Delisting dan Relisting Diatur Lebih Ketat




TERBARU

[X]
×