kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ramadan bulan baik, penjualan KLBF naik


Kamis, 09 Juli 2015 / 11:54 WIB
Ramadan bulan baik, penjualan KLBF naik


Reporter: Annisa Aninditya Wibawa | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Ramadan membawa berkah bagi emiten konsumer dan farmasi. Begitu pun PT Kalbe Farma Tbk (KLBF). Emiten farmasi ini mencatatkan kenaikan penjualan menjelang Idul Fitri.  

Pada bulan puasa kali ini, penjualan KLBF naik berkisar 5%-7% ketimbang bulan lain. "Bulan puasa bulan yang baik. Penjualan kami lebih baik dibandingkan dengan bulan sebelumnya," ujar Vidjongtius, Direktur Keuangan KLBF, Selasa (7/7) malam.

Vidjongtius berharap kinerja KLBF selama kuartal kedua tahun ini bisa lebih baik ketimbang perkiraan awal. Dengan tren penjualan yang cukup positif, manajemen KLBF optimistis nilai penjualan akan membaik pada kuartal ketiga dan kuartal keempat.

Vidjongtius menyadari kondisi makroekonomi pada tahun ini cukup menantang. Sebagai dampak perlambatan ekonomi, daya beli masyarakat pun turut melemah. Meski demikian, dia masih meyakini adanya program dan terobosan pemerintah yang mampu mendongkrak daya beli.

Di sisi lain, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat juga turut membebani kinerja Kalbe Farma. Vidjongtius menyebutkan, setiap nilai tukar rupiah melemah 10%, biaya produksi kesehatan KLBF meningkat sebesar 3,5%. Dengan tren pelemahan nilai tukar rupiah saat ini, maka biaya produksi KLBF telah membengkak sekitar 3%.

Sampai akhir tahun ini, manajemen KLBF menargetkan pertumbuhan penjualan berkisar 7% hingga 9% ketimbang realisasi penjualan tahun lalu. Ini berarti KLBF berpotensi meraih pendapatan berkisar Rp 18,57 triliun hingga Rp 18,92 triliun.

KLBF berusaha menggenjot penjualan dengan meningkatkan volume, pasar, teritorial dan produk baru. Untuk divisi kesehatan, Vidjongtius memaparkan, KLBF akan menambah 5-10 varian obat generik. Kemudian untuk obat onkologi, KLBF bakal menambah 3-5 obat kanker baru. Di divisi nutrisi, KLBF memiliki satu produk baru. Produsen Diabetasol ini berharap penjualan naik sekitar 1%-2% dengan kehadiran produk baru ini.

KLBF juga mengembangkan divisi distribusi demi memperluas cakupan wilayah produknya. Setiap tahun, KLBF menambah satu hingga dua cabang distribusi baru.
Pada penutupan perdagangan bursa saham, kemarin, harga KLBF naik 0,30% menjadi Rp 1.655 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×