kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Raiz tambah produk reksadana pendapatan tetap dari Trimegah AM, ada fitur proteksi


Rabu, 10 November 2021 / 17:08 WIB
Raiz tambah produk reksadana pendapatan tetap dari Trimegah AM, ada fitur proteksi
ILUSTRASI. Model menunjukkan aplikasi Raiz Invest di Jakarta. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Raiz Invest Indonesia kembali menambah produk reksadana. Rabu (10/11), Raiz berkerjasama dengan Trimegah Asset Management untuk menawarkan reksadana Trimegah Fixed Income Plan yang kini bisa dibeli melalui aplikasi Raiz. 

Dari enam produk reksadana yang kini ada di aplikasi Raiz, reksadana Trimegah Fixed Income Plan merupakan reksadana pendapatan tetap yang memiliki keunggulan dengan memberi manfaat proteksi dalam bentuk asuransi jiwa. 

Firdaus Djaelani, Komisaris Raiz Invest Indonesia mengatakan alasan memilih produk reksadana Trimegah Fixed Income Plan yang memiliki manfaat proteksi karena melihat penetrasi asuransi di Indonesia hanya 3% dari total penduduk atawa masih rendah. 

Dengan konsep investasi mikro dan teknologi yang dimiliki Raiz, Firdaus berharap melalui reksadana Trimegah Fixed Income Plan, penetrasi asuransi di Indonesia bisa meningkat dan Raiz dapat menjaring potensi yang masih besar tersebut.

Fahmi Arya Wicaksana, CEO Raiz Invest Indonesia mengatakan dengan adanya reksadana Trimegah Fixed Income Plan maka nasabah mikro bisa berinevstasi mulai dari Rp 10.000 sekaligus mendapat manfaat perlindungan berupa asuransi jiwa.  

Baca Juga: Beli Reksadana Terproteksi Mulai dari Rp 1 Juta per Unit

Antony Dirga, Presiden Direktur PT Trimegah Asset Management mengatakan pengelolaan rekadana Trimegah Fixed Income Plan fokus memilih obligasi korproasi sebagai aset portoflio. Minimal rating obligasi korporasi yang dipilih adalah investment grade. 

Selain itu, obligasi korporasi yang dipilih harus memiliki kriteria penilaian yang mendalam dari Trimegah AM. 

Antony mengatakan tujuan investasi ini bukan menghasilkan imbal hasil tinggi dari obligasi korporasi yang memberikan kupon tinggi, melainkan obligasi korporasi yang dapat memberikan imbal hasil stabil dan nyaman saat dimiliki. 

Karakteristik obligasi korporasi yang Antony pilih adalah berasal dari perusahaan yang mampu membayar kewajibannya dari sisi keamanan arus kas. 

Selain itu, Trimegah AM juga menganalisis obligasi korporasi dari perusahaan yang memiliki keinginan kuat untuk tetap membayar dalam kondisi apapun. Untuk mengukur faktor kedua tersebut, Trimegah AM memanfaatkan jaringannya untuk mengecek integritas perusahaan yang mengeluarkan obligasi. 

Obligasi korproasi yang dipilih juga mayoritas bertenor pendek untuk menjaga likuiditas. 

"Obligasi koporasi tenor pendek lebih tinggi likuiditasnya dari pada obligasi tenor panjang, sehingga investor aman bisa redeem kapan saja," kata Antony. 

Reksadana ini memiliki fitur pembagian cash dividen setiap tiga bulan sekali. Berdasarkan brosur di laman trimegah-am.com manfaat asuransi jiwa ini bisa didapat dengan syarat pemegang Unit Penyertaan yang memiliki produk ini dengan minimal nilai Rp 10 juta. 

Antony mencontohkan jika investor memiliki dana investasi sebesar Rp 20 juta maka, investor berhak mendapatkan asuransi jiwa senilai Rp 20 juta dan tetap mendapat pertumbuhan nilai dari portofolio investasi nasabah.  

Fahmi mengatakan saat ini pertumbuhan nasabah di Raiz mencapai 10.000 nasabah baru per bulan. Fahmi optimistis sekitar 5.000-10.000 nasabah ritel dalam dua bulan ke depan akan mencoba membeli reksadana ini. 
"Di luar manfaat asuransi yang ditawarkan, investor yang tertarik membeli reksadana ini karena ingin mencoba pembagian kupon yang rutin dan kinerja yang stabil dari reksadana ini," katanya.

 

Selanjutnya: Raiz Invest akan rilis reksadana terproteksi yang dapat dibeli secara daring

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×