kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PSBB berlaku, pengelola PIM beri diskon 50% pada sebagian besar penyewa


Minggu, 12 April 2020 / 19:14 WIB
PSBB berlaku, pengelola PIM beri diskon 50% pada sebagian besar penyewa


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Merebaknya virus corona di Indonesia berdampak pada menurunnya pengunjung pusat perbelanjaan atau mal. Terlebih lagi, pemerintah DKI Jakarta telah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Jumat, 10 April 2020. 

Sejumlah daerah seperti Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Tangerang Selatan juga tengah dalam proses pemberlakuan PSBB. Hal ini agaknya bakal semakin berdampak pada emiten-emiten yang mengelola pusat perbelanjaan di Jakarta dan sekitarnya.

Pengelola kawasan Pondok Indah, PT Metropolitan Kentjana Tbk (MKPI) mendukung program PSBB guna memutus rantai penyebaran virus corona. Meskipun begitu, Wakil Direktur Utama MKPI Jeffri S. Tanudjaja mengungkapkan, bisnis mal pasti akan terganggu akibat kebijakan tersebut.  

Baca Juga: Mal dan Hotel Sepi, Emiten Properti Bisa Merugi

Alasannya, dengan adanya PSBB, hampir semua penyewa di mal yang MKPI kelola, yaitu Pondok Indah Mall 1, Pondok Indah Mall 2, dan Street Gallery mengajukan pengurangan biaya sewa. Total jumlah penyewa di tiga pusat perbelanjaan tersebut adalah sekitar 545 tenant

Pihaknya menyetujui permintaan tersebut, tetapi tidak berlaku untuk semua penyewa. "Saat ini, kami berikan diskon pembayaran sewa sebesar 50% untuk April dan Mei 2020, kecuali untuk penyewa berjenis supermarket, farmasi, perbankan, serta yang menjual vitamin dan produk kesehatan," ungkap Jeffri saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (9/4). 

Meskipun begitu, dia belum bisa memproyeksi dampak langkah ini terhadap keuangan MKPI sepanjang 2020. Menurut dia, hal tersebut baru bisa terlihat setelah tahu berapa lama kondisi ini akan berlangsung.

Baca Juga: Grup Pondok Indah Mengebut Penyelesaian Empat Proyek

Sebagai gambaran, sepanjang 2019, pendapatan sewa pusat perbelanjaan berkontribusi sebesar 46,13% terhadap total pendapatan MKPI yang mencapai Rp 1,87 triliun.

Jeffri menyampaikan, PSBB ini juga memengaruhi pengembangan bisnis yang tengah dijalankan MKPI. Sejak Jumat, 10 April 2020, pembangunan Pondok Indah Mall 3 berhenti untuk sementara. 

"Harapannya, dapat tetap selesai pada akhir tahun ini, kecuali PSBB diperpanjang sampai waktu yang tidak bisa diperkirakan," ucap dia. Pembukaan Pondok Indah Mall 3 rencananya akan dilaksanakan pada Maret 2021.

Baca Juga: Virus corona dapat berdampak ke recurring income emiten properti, simak saran analis

Jadwal tersebut mundur dari rencana pembukaan sebelumnya, yakni pada Oktober 2020. Pasalnya, para calon penyewa menyarankan agar pembukaan dilakukan bertepatan dengan dirilisnya koleksi musim semi dan musim panas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×