kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek Stabil, Pefindo Beri Peringkat idAA- Untuk Bumi Serpong Damai (BSDE)


Minggu, 09 Januari 2022 / 13:00 WIB
Prospek Stabil, Pefindo Beri Peringkat idAA- Untuk Bumi Serpong Damai (BSDE)
ILUSTRASI. Properti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAA- untuk PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dan Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2016 Seri B. Dengan prospek stabil untuk peringkat perusahaan.  

Pefindo menyebut, obligor dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan, dan memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang dibandingkan obligor lain.

"Tanda kurang (-) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan," kata Pefindo, Jumat (7/1).

Meski demikian, peringkat tersebut mencerminkan posisi bisnis perusahaan yang sangat kuat di industri properti, produk properti yang beragam dan cakupan area yang luas, serta likuiditas yang kuat.

Sedangkan faktor-faktor yang membatasi peringkat adalah melemahnya profil keuangan dengan risiko terkait konstruksi jalan tol Serpong-Balaraja dan tingginya ketergantungan pada penjualan properti, yang sensitif terhadap perubahan kondisi makro ekonomi.  

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham BSDE, Ditopang Aksi Borong Sinarmas dan Prospek yang Kinclong

 

Peringkat dapat dinaikkan jika perusahaan secara konsisten mencapai target pertumbuhan pendapatan dari ekspansi bisnisnya dan mengadopsi leverage keuangan yang lebih konservatif.

Namun, peringkat dapat diturunkan jika pendapatan yang dicapai perusahaan lebih rendah dari target secara signifikan atau leverage keuangannya menjadi lebih agresif karena ekspansi yang didanai utang.  

BSDE adalah salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia, dengan proyek properti utama di Serpong (BSD City), Cibubur, Jakarta, dan Bekasi.

Perusahaan juga berekspansi ke kota besar lainnya di Indonesia, seperti Balikpapan, Samarinda, Manado, Palembang, dan Semarang. Grup Sinarmas Land memiliki 65% saham BSDE per 30 September 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×