kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek positif, Pefindo tegaskan peringkat idA untuk Danareksa


Minggu, 14 November 2021 / 11:45 WIB
Prospek positif, Pefindo tegaskan peringkat idA untuk Danareksa
ILUSTRASI. Pefindo menegaskan peringkat idA untuk Danareksa dan MTN Danareksa.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA untuk PT Danareksa (Persero) (Danareksa) dan MTN II/2019 yang masih beredar. 

Selain itu, prospek korporasi ditegaskan menjadi positif yang mencerminkan kemungkinan penguatan profil kredit Danareksa secara keseluruhan seiring dengan terbentuknya holding Danareksa-PPA yang saat ini prosesnya masih berjalan dan diperkirakan akan terealisasi dalam waktu dekat. 

Dengan terbentuknya holding ini, Danareksa akan ditugaskan untuk mengelola, mentransformasi, dan meningkatkan kinerja atas beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Danareksa juga akan menjadi induk perusahaan dari PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) dan mendapatkan mandat sebagai perusahaan pengelola aset nasional. Melalui peran strategis tersebut, perusahaan dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional yang terkoreksi akibat pandemi. 

"Hal ini akan meningkatkan tingkat dukungan yang semakin kuat dari pemerintah pada saat dibutuhkan," kata Pefindo, dalam keterangan resmi, dikutip pada Minggu (14/11). 

Baca Juga: Pefindo menegaskan peringkat idAAA untuk BSI

Menurut Pefindo, obligor dengan peringkat idA memiliki kemampuan yang kuat dibandingkan obligor lain untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang. Walaupun kemampuan obligor kemungkinan terpengaruh perubahan ekonomi dibandingkan obligor dengan peringkat lebih tinggi.  

Di sisi lain, peringkat mencerminkan dukungan yang kuat dari pemerintah, permodalan yang moderat, dan likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang cukup. Peringkat dibatasi oleh profitabilitas yang di bawah rata-rata.  

Oleh karena itu, peringkat dapat dinaikkan jika rencana untuk menjadikan Danareksa sebagai perusahaan holding terealisasi dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP). Prospek akan direvisi kembali menjadi stabil jika rencana pembentukan holding tidak terealisasi atau tertunda tanpa jadwal yang jelas. 

Danareksa adalah perusahaan induk untuk beberapa perusahaan jasa keuangan non-bank, termasuk PT Danareksa Finance (pembiayaan), PT Danareksa Investment management (jasa pengelolaan investasi), PT Danareksa Capital (jasa investasi), dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin). 

Selain itu, Danareksa juga memegang 33% saham PT BRI Danareksa Sekuritas yang menyediakan jasa perantara dan penjamin emisi. Danareksa dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah Indonesia.   

Selanjutnya: Suplai SBN dihentikan, permintaan dan penerbitan obligasi korporasi berpotensi ramai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×