kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek lebih baik, Sarimelati Kencana (PZZA) akan tambah gerai baru tahun ini


Jumat, 26 Maret 2021 / 19:48 WIB
Prospek lebih baik, Sarimelati Kencana (PZZA) akan tambah gerai baru tahun ini
ILUSTRASI. PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA), berharap tahun 2021 lebih baik dibanding tahun lalu.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengelola gerai Pizza Hut, PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA), berharap tahun 2021 lebih baik dibanding tahun lalu. Optimisme ini terdorong upaya pemerintah dalam menggerakkan kembali roda perekonomian dan proses vaksinasi yang terus berjalan.

"Pasar cukup cerah untuk tahun 2021, tapi nanti di semester dua baru terlihat hasilnya. Kalau semester I ini mungkin belum karena ini kan (vaksinasi) masih berjalan," ungkap Sekretaris Perusahaan Sarimelati Kencana Kurniadi Sulistyomo kepada Kontan.co.id beberapa waktu lalu. 

Oleh karenanya,  PZZA mengaku akan membuka sejumlah gerai baru sepanjang tahun 2021. Untuk jumlah, perusahaan yang melantai di bursa sejak Mei 2018 itu belum bisa membeberkannya angka pastinya.  

Yang jelas dalam waktu dekat, PZZA akan membuka dua gerai baru di Kemang, Jakarta Selatan dan Kota Bitung, Sulawesi Utara. Asal tahu saja, hingga akhir Desember 2020, PZZA mengelola total 521 gerai. Jumlah ini telah bertambah menjadi 527 gerai per Kamis pekan lalu. 

Baca Juga: Periode berat, emiten restoran tutup sejumlah gerai sepanjang tahun 2020 lalu

Ke depan, PZZA masih akan mempertimbangkan selera pasar dalam pembukaan gerai baru. Kurniadi mengatakan, ada perubahan pola konsumen di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya, mayoritas konsumen menghindari pusat perbelanjaan sehingga mal-mal menjadi sepi. Kondisi inilah yang memaksa PZZA menutup sejumlah gerai sepanjang tahun 2020. "Saya tidak hafal jumlahnya, tetapi sekitar 30 gerai," ujar dia. 

Adapun kebanyakan gerai yang ditutup itu berada di mall. Kendati menutup sejumlah gerai, Kurniadi bilang PZZA juga membuka beberapa gerai baru di tahun 2020. Asal tahu saja, untuk gerai yang akan dibuka dalam waktu dekat merupakan jenis gerai yang tidak berada di dalam mal.

Kendati belum bisa membeberkan total alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) yang disiapkan tahun ini, Kurniadi memberi perkiraan, untuk pembukaan jenis gerai besar membutuhkan dana sekitar Rp 8 miliar hingga Rp 9 miliar. Sementara untuk gerai kecil, setidaknya memerlukan dana hingga setengahnya atau sekitar Rp 4 miliar hingga Rp 4,5 miliar.

Baca Juga: Sambut Ramadhan, Sarimelati Kencana (PZZA) luncurkan menu pizza baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×