kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek bisnis perbankan diperkirakan akan membaik, simak rekomendasi sahamnya


Rabu, 06 Oktober 2021 / 12:18 WIB
Prospek bisnis perbankan diperkirakan akan membaik, simak rekomendasi sahamnya
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah pada kantor cabang BNI?di Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (23/9/2021). Prospek bisnis perbankan diperkirakan akan membaik, analis beri rekomendasi saham. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan semakin menunjukkan ekspansi kredit. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kredit per Agustus 2021 sudah tumbuh 1,16% secara year on year (yoy) dan meningkat 1,91% dibandingkan akhir tahun lalu atau secara year to date (ytd). Pada bulan Juli 2021, kredit perbankan hanya tumbuh sebesar 0,5%.

Capaian ini mengejutkan analis karena angka PMI Agustus berada di wilayah kontraksi 43,7, dan mobilitas masih dibatasi di bawah PPKM level 3-4 di sebagian besar daerah. 

Handiman Soetoyo, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia melihat, penurunan signifikan kasus Covid-19 dan pelonggaran mobilitas bertahap telah meningkatkan kepercayaan di antara bisnis dan individu.

"Kami percaya pertumbuhan pinjaman akan meningkat lebih lanjut, didukung oleh stimulus pemerintah yang berkelanjutan dan ekonomi bertahap dan kegiatan sosial dibuka kembali," tulis Handiman dalam risetnya, Rabu (6/10).

Baca Juga: Ini rekomendasi saham Mitra Adiperkasa (MAPI)

Hampir semua sektor menunjukkan peningkatan kredit, dengan peningkatan yang signifikan di sektor perantara keuangan 3,1% MoM, diikuti oleh sektor pertanian & kehutanan 0.8% MoM, dan sektor manufaktur 0,2% MoM. Sementara Grosir & sektor perdagangan ritel menunjukkan pertumbuhan pinjaman negatif 0,3% MoM dan sektor properti minus 0,3% MoM.

Akhir dari keringanan pajak barang mewah (PPnBM) pembelian kendaraan pada bulan Agustus telah mendorong permintaan kredit kendaraan sehingga mengakibatkan pinjaman yang lebih tinggi di sektor perantara keuangan. 

Dengan perpanjangan keringanan pajak hingga Desember, Mirae memperkirakan permintaan kredit akan lebih banyak dalam beberapa bulan mendatang. 

Meskipun pertumbuhan kredit positif, imbal hasil kredit terus turun karena likuiditas yang melimpah dan persaingan antar bank. DPK per Agustus tumbuh 8,8% YoY. Karena pertumbuhan simpanan melebihi pertumbuhan kredit, LDR terus turun ke rekor terendah 80,2%. Sedangkan NPL tercatat stabil di 3,3% di bulan Agustus.

Baca Juga: Harga saham TINS, PTBA, ANTM dalam tren naik, mana yang masih prospek untuk dibeli?

Dari sisi laba, Mirae Asset melihat adanya percepatan peningkatan laba pada empat bank besar untuk bulan Agustus, terutama di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

"Laba BMRI, BBCA, dan BBNI delapan bulan pertama berada di atas ekspektasi konsensus yakni masing-masing 75,7%, 68,8%, dan 77,4% terhadap perkiraan 2021. Meskipun laba BBRI masih di bawah ekspektasi (run-rate 62,0%), kami melihat peningkatan MoM yang signifikan," tulis Handiman.




TERBARU

[X]
×