Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Rizki Caturini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) sedang menjajakan penjualan ke pasar Asia dan Eropa. Pasalnya, saat ini pangsa pasar ekspor produk rajungan PCAR seluruhnya diserap oleh pasar Amerika Serikat (AS).
Raditya Wardhana, Direktur Utama PCAR menjelaskan, saat ini perusahaan ini tengah melakukan penjajakan untuk memperluas pasar ekspor. Dengan demikian, PCAR berharap bisa terjadi peningkatan penjualan produk ranjungan.
"Kalau dari data yang kami terima, banyak permintaan dari Asia dan Eropa. Jadi 2018 saya berharap, industri rajungan Indonesia ini tidak hanya ke Amerika Serikat saja, tetapi juga mulai ke Asia dan Eropa," terang Raditya di BEI, Jumat (29/12).
Untuk pasar Eropa yang sedang dijajaki di antaranya seperti Inggris dan Belanda. Sedangkan untuk pasar Asia di antaranya seperti Jepang, China dan Singapura. Saat ini sekitar 97% penjualan PCAR dikontribusi dari pasar ekspor semuanya ke pasar Amerika Serikat. Sedangkan sisanya, 3% penjualan diserap oleh pasar domestik.
Pada tahun 2018, PCAR juga berencana memperbesar kontribusi pasar domestik menjadi 5%. "Kami juga mengembangkan pengiriman rajungan dalam bentuk beku," ujarnya.
Terkait dengan pengiriman ekspor, pada 2017 rata-rata PCAR mampu mengirim sebanyak 3 kontainer per bulan. Sedangkan pada tahun 2018, PCAR membidik bisa mengirim produk sebanyak 5 kontainer per bulan.
"Dalam jangka pendek, kami akan fokus pada rajungan. Karena perputaran modal yang cukup besar. Rencana untuk diversifikasi produk ada. Yang potensial kemungkinan udang, tuna dan cumi," imbuhnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News