kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Porsi Asing Menipis, Saat Ini Dianggap Jadi Momentum Milenial Dominasi Pasar SBN


Senin, 13 Juni 2022 / 12:40 WIB
Porsi Asing Menipis, Saat Ini Dianggap Jadi Momentum Milenial Dominasi Pasar SBN


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemulihan ekonomi yang mulai masif serta komposisi investor asing yang menyusut di pasar Surat Berharga Negara (SBN) membuka peluang bagi masuknya investor ritel dari kalangan milenial.

Chief Economist dari Danareksa Research Institute, Rima Prama Artha mengatakan, pemulihan ekonomi tecermin dari data pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang pada kuartal I-2022 mencapai 5,01% (year on year/YoY).

Di sisi lain, kepemilikan investor asing di pasar SBN mengalami penurunan hingga tersisa 16,56% sehingga mayoritas surat berharga dipegang oleh investor domestik.

"Melihat ekonomi yang tumbuh relatif tinggi, current account yang masih positif, dan kepemilikan asing di SBN yang semakin menurun, iklim investasi di Indonesia semakin membaik pasca pandemi," kata Rama dalam keterangannya, Senin (13/6).

Baca Juga: Perbaiki Prospektus, BNI Terbitkan Green Bond Rp 5 Triliun Berkupon 6,35% dan 6,85%

Dia menambahkan, jumlah investor milenial di pasar surat berharga juga terus meningkat. Hal ni merefleksikan bahwa minat investasi dan literasi keuangan yang dilakukan oleh pemerintah dan pelaku pasar menunjukkan hasil nyata.

Kendati demikian, Rama mengingatkan kepada kalangan investor pemula untuk berhati-hati dalam mengelola investasi dengan memilih instrumen investasi yang tepercaya.

Dalam rangka meningkatkan investor milenial, Danareksa juga melakukan kegiatan Talkshow Danareksa Keliling (Darling) bertajuk Ngobrolin Peluang Bisnis dan Investasi di Tahun 2022 di Yogyakarta dan Semarang.

Corporate Secretary PT Danareksa (Persero), Putu Dewika mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Danareksa dan strategi Created Share Value yang dilakukan bersama anak usaha guna meningkatkan literasi keuangan di kalangan milenial.

Dia berharap, dengan memahami literasi mengenai pengelolaan keuangan, peserta dapat mengelola dana yang mereka miliki dengan lebih strategis dan memilih instrumen investasi yang terpercaya. 

”Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk memperdalam pasar keuangan domestik dengan meningkatkan nilai investasi di dalam negeri," ujarnya.

Baca Juga: Pefindo Beri Peringkat idAA untuk Obligasi SAN Finance

Dewika menambahkan, di tengah maraknya penipuan investasi digital di kalangan generasi muda, edukasi literasi keuangan menjadi sangat penting agar milenial hanya berinvestasi pada produk investasi yang terpercaya.

"Salah satunya melalui produk reksadana dari PT Danareksa Investment Management,” pungkas Dewika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×