kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Petrindo Jaya (CUAN) Ubah Laporan Keuangan Dalam Mata Uang Dollar AS


Rabu, 22 Mei 2024 / 16:35 WIB
Petrindo Jaya (CUAN) Ubah Laporan Keuangan Dalam Mata Uang Dollar AS
ILUSTRASI. Suasana pencatatan perdana saham?PT Saptausaha Gemilangindah Tbk (SAGE),?PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON), dan?PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta (8/3/2023)


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk mengubah penggunaan mata uang dalam pelaporan laporan keuangan dari rupiah menjadi dollar Amerika Serikat. Perubahan penggunaan mata uang ini karena pada akhir tahun 2023, emiten berkode saham CUAN ini telah menyelesaikan akuisisi atas dua entitas anak yang material. 

Dua anak usaha yang diakuisisi adalah PT Petrosea Tbk dan PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU). Dua anak usaha tersebut akan dikonsolidasikan dalam laporan keuangan pada Maret 2024. 

Sekretaris Perusahaan Petrindo Jaya Kreasi, Robertus Maylando Siahaya menjelaskan, sebagian besar transaksi yang dilakukan oleh PTRO dan MUTU menggunakan mata uang dollar Amerika Serikat. Maka laporan keuangan keuangan PTRO dan MUTU sebelum maupun sesuai dilakukan akuisisi oleh CUAN tetap menggunakan mata uang dollar AS. 

Baca Juga: Prajogo Pangestu Penguasa Bursa

"Dengan demikian untuk keperluan konsolidasi dengan laporan keuangan Petrindo dengan PTRO, MUTU, serta entitas anak perusahaan lainnya, maka perusahaan perlu mengubah penggunaan mata uang di dalam laporan keuangannya, dari rupiah menjadi dollar Amerika Serikat," kata Robertus dalam keterbukaan informasi. 

Penggunaan mata uang dollar Amerika Serikat tersebut di dalam laporan keuangan akan berlaku efektif mulai pada Maret 2024. Selanjutnya, untuk pertama kalinya, di dalam laporan keuangan konsolidasian kuartal pertama tahun 2024, CUAN telah menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat. 

"Laporan tersebut telah disampaikan perusahaan kepada OJK dan BEI melalui sistem XBRL pada tanggal 21 Mei 2024. Keterlambatan penyampaian laporan keuangan kuartalpertama ini disebabkan oleh adanya perbaikan pada sistem XBRL," jelas Robertus. Sehingga dia menambahkan, penyampaian kaporan keuangan konsolidasian kuartal pertama tahun 2024
ke sistem XBRL baru bisa diselesaikan pada tanggal 21 Mei 2024.

CUAN dalam rilis mengklaim tidak ada dampak yang negatif atau material atas dilakukannya perubahan penggunaan mata uang pelaporan dalam laporan keuangan perusahaan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perusahaan. "Dengan penggunaan mata uang dolar Amerika Serikat di dalam laporan keuangan konsolidasian
akan mempermudah konsolidasi pelaporan perusahaan dan entitas anaknya yang material, serta dapat mencerminkan kondisi keuangan perusahaan dan entitas anaknya dengan lebih tepat dan baik," ujar Robertus dalam rilis. 

Baca Juga: Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) Milik Prajogo Pangestu Akuisisi Tambang Batubara Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×