kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Petrindo Jaya (CUAN) Kantongi Restu Akuisisi Saham Petrosea (PTRO)


Rabu, 14 Februari 2024 / 07:45 WIB
Petrindo Jaya (CUAN) Kantongi Restu Akuisisi Saham Petrosea (PTRO)
ILUSTRASI. Aktivitas pekerja pertambangan batubara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Langkah PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) untuk mengakuisisi saham PT Petrosea Tbk (PTRO) kian mulus. 

Emiten tambang batubara telah mendapat restu pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar Senin (12/2).

Agenda ini disetujui oleh 10,14 miliar suara atau mewakili 99,99%. Sisanya sebanyak 892.635 suara atau 0,009% dinyatakan abstain

Baca Juga: Diakuisisi CUAN, PTRO Ada di Posisi yang Diuntungkan, Begini Prospek & Rekomendasinya

Dengan digelarnya RUPSLB ini, CUAN telah memenuhi dua persyaratan pendahuluan yang tertuang dalam perjanjian pembelian saham bersyarat tanggal 7 November 2023.

Kedua persyaratan pendahuluan tersebut yakni, pertama anak usaha CUAN yakni PT Kreasi Jasa Persada selaku pembeli telah menyelesaikan uji tuntas (due diligence) terhadap PTRO sesuai dengan ketentuan perjanjian pembelian saham bersyarat

Kedua, pembeli telah memenuhi prosedur transaksi material sebagaimana dipersyaratkan Pasal 6 POJK 17/2020, termasuk memperoleh persetujuan RUPS dari sisi CUAN.

Baca Juga: Menanti Tuah Tangan Ajaib Prajogo Pangestu Terhadap Saham Petrosea (PTRO)

 

Asal tahu, CUAN akan membeli 342,92 juta saham PTRO milik pemegang saham lama PTRO, yakni PT Caraka Reksa Optima. Jumlah ini mewakili kurang lebih 34% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam PTRO.

Nilai pembelian saham PTRO oleh CUAN mencapai Rp 940 miliar. Nantinya, dana tersebut nantinya akan disetorkan oleh CUAN kepada PT Kreasi Jasa Persada sebagai bentuk peningkatan modal.

CUAN akan menggunakan dana  pinjaman dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) untuk mengakuisisi saham PTRO

Setelah akuisisi selesai, Kreasi Jasa Persada akan menjadi pengendali tunggal dalam PTRO.

Direktur Utama Petrindo Jaya Kreasi, Michael, merinci, ada lima strategi jangka panjang yang dilakukan oleh anak usaha CUAN, yakni  PT Kreasi Jasa Persada terkait dengan pengembangan PTRO.

Pertama, menguatkan lini bisnis PTRO saat ini dengan meningkatkan value creation dengan klien yang sudah ada maupun klien baru.

Baca Juga: Tarik Pinjaman, CUAN Siap Tuntaskan Akuisisi PTRO

Kedua, mendiversifikasi portofolio proyek PTRO ke sektor pertambangan mineral lain dan menangkap peluang usaha lain di sektor minyak, gas bumi, dan infrastruktur seiring dengan perkembangan industry.

Ketiga, meningkatkan efisiensi PTRO dalam memberikan nilai lebih kepada klien. Keempat, melanjutkan proses transformasi secara menyeluruh dalam peningkatan kompetensi dan manajemen sumber daya manusia. Kelima, memperkuat budaya keselamatan kerja dan Kesehatan.

“Diharapkan Petrindo akan berkembang menjadi perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan yang terintegrasi,” terang Michael dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (14/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×