kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan asal Mongolia kucurkan investasi US$ 10 juta ke Bumi Benowo (BBSS)


Rabu, 29 April 2020 / 16:23 WIB
Perusahaan asal Mongolia kucurkan investasi US$ 10 juta ke Bumi Benowo (BBSS)
ILUSTRASI. Pencatatan perdana saham?PT Bumi Benowo Sukses Sejahtera Tbk (BBSS)


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan asal Mongolia, Bars Motors LLC akan membangun pabrik perakitan kendaraan listrik di Indonesia. Proyek ini dijalankan dengan menggandeng PT Bumi Benowo Sukses Sejahtera Tbk (BBSS) dan afiliasinya, yakni PT Cipta Unggul Arta Nusantara.

Perkiraan nilai investasi proyek ini mencapai US$ 10 juta atau setara Rp 155 miliar. Besaran tersebut sudah termasuk investasi lahan, fasilitas, teknologi, dan peralatan. 

Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama tersebut berlangsung pada Jumat, 24 April 2020.

Baca Juga: Bumi Benowo Sukses Sejahtera (BBSS) tetap targetkan penjualan tumbuh 579%

Bars Motors adalah produsen kendaraan listrik yang sudah beroperasi di beberapa negara di Asia dan Afrika. Selain kendaraan listrik, perusahaan ini juga merakit jenis kendaraan penumpang dan truk angkutan. Rencananya, setelah virus corona mereda, Bars Motors akan memulai proyek pemasangan mesin perakitan agar bisa segera beroperasi.

“Setelah dua bulan melakukan riset, Bars Motors memutuskan untuk memulai proyek pertamanya di Surabaya, Indonesia, dengan perusahaan lokal, yakni PT Cipta Unggul Arta Nusantara," kata Direktur Bars Motors D.Dembereldorj dalam keterangan tertulis, Selasa (28/4).

Alasannya, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi pemimpin pasar otomotif di Asia Tenggara. Selain itu, Bars Motors juga ingin memperkenalkan teknologi energi jenis baru sehingga dapat melahirkan inovasi dari disrupsi yang ada kepada penduduk Indonesia dan negara sekitarnya.

Direktur Utama PT Bumi Benowo Sukses Sejahtera Tbk Felix Soesanto menilai, kerjasama antara Bars Motors, Cipta Unggul Arta Nusantara, dan Bumi Benowo Sukses Sejahtera merupakan salah satu langkah menyikapi disrupsi ekonomi dan sosial. 

“Kita harus dapat mengubah kekurangan menjadi kesempatan dari disrupsi ekonomi dan sosial ini dan tentu saja ini akan berpengaruh pada kinerja keuangan 2020 dan kesejahteraan investor BBSS," tutur Felix yang juga menjabat direktur utama Cipta Unggul Arta Nusantara.

Baca Juga: Usai IPO, Bumi Benowo (BBSS) targetkan penjualan di 2020 melesat 579,1%

Dengan adanya Bars Motors sebagai anchor tenant di lahan BBSS, Felix yakin target kenaikan penjualan Bumi Benowo yang sebesar 579,1% tahun ini akan lebih cepat terealisasi. Ia juga menargetkan, laba bersih BBSS pada 2020 bisa tumbuh 808,3% dan dapat membagikan dividen maksimal 20% dari laba bersih tersebut.

Sebagai gambaran, per September 2019, BBSS mencatatkan penjualan Rp 20,36 miliar dengan laba bersih Rp 3,94 miliar. Pendapatan tersebut naik 427,56% dari perolehan per akhir September 2018 dan laba bersihnya naik 442,67%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×