kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Pernah lupa membeli emas di harga berapa? Begini cara mengingat lagi


Senin, 15 Juli 2019 / 14:10 WIB

Pernah lupa membeli emas di harga berapa? Begini cara mengingat lagi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbeda dengan aset investasi yang lain, investasi emas batangan tidak otomatis terekam dengan baik. Pencatatan investasi emas memang berbeda dengan investasi saham, reksadana, maupun deposito. 

Perusahaan broker, manajer investasi, atau bank yang mencatat seluruh transaksi saham, reksadana, atau deposito. Ketika kita butuh informasi mengenainya, kita tinggal buka aplikasi, tanya layanan pelanggan, atau buka bilyet deposito.

Baca Juga: Risiko politik kian tipis, akankah dana yang parkir di emas pergi lagi?

Lain cerita ketika kita investasi emas. Paling-paling transaksi kita hanya tercatat dalam secarik kuitansi. Padahal kita wajib mencatat transaksi demi transaksi, saat membeli maupun menjual emas, agar kinerja investasi emas kita bisa terukur.

Sayangnya, tidak semua orang telaten dan tekun mencatat transaksi emas. Biasanya orang hanya mengandalkan kuitansi kalau ingin mengingat kembali pernah membeli emas pada harga berapa. Akibatnya, ketika kuitansi nyelip entah di mana, banyak orang cuma mengandalkan ingatan semata.

Baca Juga: Harga emas Antam secara teknikal berada di area bullish, simak rekomendasi analis

Nah, bagi Anda yang sedang berusaha merapikan catatan nilai pembelian dan penjualan emas batangan sebagai investasi, Pusat Data KONTAN menyediakan data yang sangat membantu.

Ya, salah satu kanal Pusat Data KONTAN berisi data Harga Emas Logam Mulia Aneka Tambang. Mengunjungi kanal ini, kita bisa melihat harga emas yang berlaku hingga bertahun-tahun ke belakang.

Jadi, kalau lupa membeli emas pada harga berapa, Anda bisa menengok data ini lalu mencari harga emas yang berlaku pada waktu yang mungkin masih Anda ingat dengan baik.

Baca Juga: Harga emas Antam berbalik turun Rp 10.000

Kalau pun lupa tanggal persis pembelian, biasanya kita mampu mengingat peristiwa yang berkesan sekitar pembelian itu, misalnya saat terima bonus, THR, dan sebagainya.

Jadi, sekali lagi, informasi harga emas dari waktu- ke waktu bisa kita peroleh dengan mengakses Pusat Data KONTAN - Harga Emas.


Reporter: Hasbi Maulana
Editor: Hasbi Maulana
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.1565

Close [X]
×