Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) memperkuat pasar layanan Fixed Broadband (FBB) dan Fixed Mobile Convergence (FMC) dengan menjalin sinergi dengan PT Link Net Tbk (LINK).
Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini menjelaskan kerja sama XL Axiata dengan Link Net bakal meningkatkan penetrasi layanan konvergensi di dalam negeri sehingga bisa meningkatkan layanan home pass.
"Karena selama lima tahun ke depan akan dilakukan perluasan cakupan layanan hingga 8 juta home pass," kata Dian, Rabu (10/5).
Untuk lini bisnis FMC, EXCL telah meluncurkan layanan konvergensi XL SATU. Dian bilang layanan ini bakal terus diperluas dan dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia.
Baca Juga: Laba Bersih XL Axiata (EXCL) Melesat 44% Menjadi Rp 200,89 Miliar di Kuartal I-2023
Sebelumnya, Dian menyatakan sinergi dengan Link Net akan fokus dalam penyediaan infrastruktur untuk keperluan komersial. Dia berharap sinergi ini dapat memberikan keuntungan.
"Kami berharap bisa mendapatkan keuntungan dari efisiensi biaya dan peningkatan pendapatan. Itu yang sedang kami usahakan," ucap Dian.
Dus, XL Axiata akan memiliki akses ke fiber optik yang lebih besar dengan investasi minimal. Sementara, Link Net fokus pada perluasan infrastruktur untuk melayani permintaan pasar.
Baca Juga: Hore, XL Axiata (EXCL) Bakal Bagi Dividen Senilai Rp 551,7 Miliar
Presiden & Group CEO Axiata Vivek Wood menjelaskan dengan kolaborasi Link Net dan XL Axiata ini akan mempercepat skalabilitas dan meningkatkan sinergi untuk memimpin sektor telekomunikasi DBB dan FMC.
"Link Net sebagai spesialis jaringan fiber dan kekuatan komprehensif XL yang mapan sebagai Serveco yang akan menangani pengelolaan layanan mobile, FBB, FMC dan digital services," kata Vivek.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News