Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) bakal memperkuat penetrasi pasar. Caranya, emiten pemilik gerai Alfamart ini akan menambah sejumlah jaringan distribusi berupa gudang alias distribution channel (DC).
"Kami akan menambah empat DC tahun ini, salah satunya telah kami buka di Karawang," tandas Anggara Hans Prawira, selaku Presiden Direktur AMRT yang baru, Rabu (25/6). Tiga DC lainnya akan dibangun di Pontianak, Lampung, dan Gunung Sindur.
Setiap satu DC, pembangunannya membutuhkan investasi sekitar Rp 100 miliar-Rp 150 miliar. Sehingga, secara keseluruhan nilai investasi yang dibutuhkan untuk membangun empat DC tersebut sekitar Rp 400 miliar hingga Rp 150 miliar.
Dana tersebut diambil dari anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) AMRT 2014. Tahun ini, AMRT menganggarkan capex Rp 1,8 triliun-Rp 2 triliun.
Hans menambahkan, keempat DC tersebut dibangun untuk menunjang seluruh gerai Alfamart yang bakal dibangun AMRT tahun ini. Sepanjang 2014, manajemen memiliki target untuk mendirikan 1.200 gerai Alfamart baru, dan hingga saat ini telah terealisasi sekitar setengahnya.
"Karena bisnis kami memang seperti itu, kalau ada DC tapi enggak ada gerainya, ya, enggak bisa jalan bisnisnya," pungkas Hans.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News