kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perdagangan SUN hari ini diprediksi terbatas


Jumat, 31 Maret 2017 / 11:53 WIB
Perdagangan SUN hari ini diprediksi terbatas


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Analis Fixed Income MNC Securities I Made Adi Saputra mengatakan bahwa perdagangan hari ini, Jumat (31/3)  diperkirakan harga SUN akan cenderung bergerak terbatas setelah mengalami kenaikan yang cukup tinggi pada perdagangan kemarin.

"Terbatasnya pergerakan harga dipengaruhi oleh faktor eksternal di mana tingkat imbal hasil dari surat utang global yang cenderung mengalami kenaikan," kata dia.

Sementara, imbal hasil dari US Treasury pada perdagangan kemarin ditutup naik pada level 2,42% untuk tenor 10 tahun dan di level 3,03% untuk tenor 30 tahun setelah data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat untuk kuartal IV 2016 tumbuh sebesar 2,1% di atas estimasi awal yang sebesar 1,9%.

Sementara itu imbal hasil dari surat utang Jerman (Bund) dengan tenor 10 tahun ditutup naik terbatas di level 0,34% adapun imbal hasil dari surat utang Inggris (Gilt) ditutup dengan penurunan di level 1,11% di tengah mulai berjalannya proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Dengan kondisi tersebut maka pergerakan harga dari SUN dengan denominasi mata uang dollar Amerika juga akan mengalami tekanan pada perdagangan hari ini.

Adapun dari faktor domestik, pelaku pasar akan mencermati data inflasi yang akan disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Senin (3/4). Pemerintah mengestimasikan inflasi pada Maret akan berada di bawah 0,20% seiring dengan terjaganya harga kebutuhan pokok.

Adapun hasil dari penerbitan Sukuk Global senilai US$ 3 miliar masih akan menjadi katalis positif bagi pasar SUN dikarenakan dengan penerbitan tersebut maka akan menambah posisi cadangan devisa yang dapat digunakan oleh Bank Indonesia.

Hal tersebut nantinya dapat menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah masih berpeluangnya penguatan mata uang dollar Amerika terhadap mata uang dunia.

Harga SUN  pada penutupan perdagangan Kamis (30/3) tercatat mengalami kenaikan. Berdasarkan situs Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), indeks INDOBeX Government Clean Price naik sebesar 0,32% ke level 114,85 dibandingkan dengan penutupan hari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×