kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Penurunan suku bunga BI belum mampu mendorong IHSG bergerak di zona hijau


Kamis, 22 Agustus 2019 / 20:37 WIB

Penurunan suku bunga BI belum mampu mendorong IHSG bergerak di zona hijau
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,22% pada perdagangan hari Kamis (22/8) ini ke level 6.239,24. Penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) nyatanya tidak membawa banyak perubahan bagi IHSG yang sudah dibuka melemah semenjak pagi tadi. 

Transaksi pada hari ini pun masih didominasi oleh aksi jual asing yang mencapai Rp 334,46 miliar di keseluruhan pasar.

Baca Juga: Penurunan suku bunga membuat investor lebih tertarik untuk berinvestasi di saham

Analis Oso Sekuritas, Sukarno Alatas menuturkan pelemah Indeks pada awal perdagangan dipengaruhi oleh sentimen ketidakpastian prospek suku bunga acuan AS dan sikap pejabat The Fed yang tidak kompak dalam ranah penurunan suku bunga.

“Pelemahan IHSG hari ini karena ketidakpastian atas prospek suku bunga acuan di AS serta peluang stimulus fiskal global. Ada beberapa pejabat yang menunjukkan ketidakkompakan soal penurunan suku bunga The Fed,” tutur Sukarno kepada Kontan.co.id.

Selain itu, hari ini perdagangan juga dipengaruhi oleh penurunan kembali suku bunga acuan BI yang diputuskan turun sebesar 25 basis point. Sayangnya sentimen positif ini tidak banyak membantu pergerakan IHSG yang masih ditutup melemah hingga akhir sesi 2 perdagangan. 

Meski demikian, adanya sentimen ini menurut Sukarno membantu koreksi IHSG tidak lebih parah dan ditutup di level minus 0,22%.

Baca Juga: Bunga BI turun, IHSG merosot 0,22% ke level 6.239, Kamis (22/8)

Sentimen negatif IHSG hari ini yang dipengaruhi oleh suku bunga juga disampaikan oleh analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi.


Reporter: Irene Sugiharti
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×