kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan properti mulai menggeliat


Senin, 05 Desember 2016 / 10:00 WIB
Penjualan properti mulai menggeliat


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Perbaikan sektor properti mulai terlihat. Emiten properti diperkirakan akan mencatatkan peningkatan marketing sales usai periode amnesti pajak.

Beberapa emiten, seperti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) dan  PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) berpeluang membukukan kinerja lebih baik.

Analis CIMB Securities Jovent Giovanny mencatat, dalam periode sepuluh bulan 2016, emiten-emiten tersebut telah mencapai marketing sales di atas 50% dari target.  Namun, ia lebih memilih PWON, CTRA, dan BSDE sebagai saham terbaik.

"CTRA dan PWON mencatatkan penjualan yang kuat di Surabaya. Sementara BSDE mencatatkan marketing sales yang kuat berkat strategi pemasaran yang baik, yaitu program price amnesty," kata dia.

Jovent mencatat, PWON membukukan marketing sales Rp 200 miliar pada Oktoer lalu. Hal ini membuat pencapaian marketing sales pada sepuluh bulan di 2016 mencapai Rp 1,8 triliun, atau 82% dari target Rp 2,2 triliun.

Menurut Jovent, marketing sales PWON pada Oktober ditopang oleh peluncuran apartemen East Coast. Sekitar 300 unit terjual pada hari peluncuran. Pada November PWON kembali menjual 180 apartemen di East Coast dan 200 unit dari apartemen Benson di Surabaya.

CTRA telah mengumpulkan Rp 1,5 triliun marketing sales pada Oktober 2016 atau membuat pencapaian selama sepuluh bulan sebesar Rp 5,8 triliun. Ini terdorong penjualan proyek di Surabaya yang mencapai Rp 1 triliun.

Adapun BSDE membukukan Rp 1,1 triliun untuk marketing sales pada pertengahan November dan Desember 2016,. Alhasil, marketing sales emiten ini sudah mencapai Rp 5,2 triliun atau 76% dari target pada 2016.

Analis Daewoo Securities Franky Rivan menilai bahwa permintaan properti tahun depan akan meningkat. Ini seiring kondisi ekonomi makro yang membaik, penurunan bunga kredit dan relaksasi aturan loan to value (LTV) kredit pemilikan rumah (KPR).

Menurut Franky, berbagai katalis positif ini bakal menjadi berkah bagi PWON. Selain penjualan, PWON juga diuntungkan dari kenaikan harga sewa. Menurut Franky, PWON bisa mengerek harga sewa sehingga mendongkrak pendapatan berulang (recurring income).

Itu sebabnya, prospek PWON ke depan masih cerah. Franky memperkirakan, pendapatan PWON tahun depan mencapai Rp 7,5 triliun dengan laba Rp 2,07 triliun.

Namun, menurut Franky, dari semua dana amnesti pajak yang nanti masuk, efek ke sektor properti akan kecil sekali. "Cenderung kecil atau kurang dari 5% masuk ke sektor properti secara langsung. Kami tetap konservatif," ujarnya kepada KONTAN, Jumat.

Franky berpandangan bearish untuk penjualan properti tahun depan. Pasalnya dia memperkirakan akan ada kenaikan suku bunga dari BI. "Sepertinya tidak mungkin BI tidak menaikkan karena level nilai tukar kita dan akan terimbas inflasi tingi," ujarnya.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×