kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45959,76   16,42   1.74%
  • EMAS945.000 -0,21%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Penjualan pada kuartal III solid, ini rekomendasi saham CTRA dari Samuel Sekuritas


Minggu, 17 Oktober 2021 / 11:23 WIB
Penjualan pada kuartal III solid, ini rekomendasi saham CTRA dari Samuel Sekuritas
ILUSTRASI. Sales menawarkan rumah dalam pameran Indonesia Propety Expo 2019 di Jakarta, Minggu (28/7). KONTAN/Baihaki/28/7/2019

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) diproyeksikan akan mencatatkan kinerja yang solid pada sisa tahun ini. Mulai beroperasinya kembali mall-mall serta berbagai peluncuran produk baru akan menjadi katalis positif bagi emiten properti ini. 

Adapun, hingga kuartal III-2021, CTRA berhasil mencatatkan marketing sales sebesar Rp 5 triliun atau naik 33% secara year on year (yoy). Perolehan tersebut membuat CTRA sudah memenuhi 86% dari target marketing sales-nya tahun ini yang sebesar Rp 5,9 triliun. 

Analis Samuel Sekuritas Olivia Laura dalam risetnya pada 15 Oktober menuliskan, marketing sales CTRA pada kuartal III-2021 didorong oleh penjualan stok yang ada. Selain itu juga ditambah peluncuran tiga kluster perumahan baru di Batam, Tangerang, dan Sentul pada September yang menyumbang marketing sales hingga Rp 192 miliar. 

Produk residensial masih menjadi pendorong utama bisnis properti CTRA, dengan kontribusi marketing sales mencapai 81% dari total marketing sales. Sementara marketing sales dari sektor ruko dan apartemen meningkat masing-masing sebesar 209% yoy dan 281% yoy. 

Baca Juga: Harga terus naik, begini rekomendasi Indofood (INDF)

“Kami memperkirakan CTRA dapat mencapai target marketing sales-nya tahun ini, serta mencatatkan pertumbuhan sebesar 14% yoy,” tulis Olivia dalam risetnya.

Olivia melihat hal ini akan sejalan dengan langkah CTRA yang akan meluncurkan beberapa kluster baru pada kuartal IV-2021. Unit di kluster-kluster tersebut ditawarkan dengan harga di bawah Rp 2 miliar, sehingga konsumen dapat memanfaatkan insentif PPN DTP hingga akhir tahun ini. 

Lebih lanjut, Olivia juga memperkirakan tingkat okupansi mal CTRA juga sudah mulai pulih di mana saat ini mencapai 90-100%. Alhasil, diskon biaya sewa di mal juga sudah mulai dihapus seiring dengan semakin menurunnya kasus COVID-19.

Ditambah, CTRA juga akan membangun empat mal baru di Surabaya, Medan, Makassar, dan area Jabodetabek. “Oleh karena itu, kami memperkirakan CTRA dapat membukukan kinerja keuangan yang solid di tahun ini, didukung dengan pencapaian marketing sales serta produk-produk baru yang akan diluncurkan perseroan,” imbuh Olivia.

Baca Juga: Harga saham masih di bawah harga IPO, ini rekomendasi saham Bukalapak.com (BUKA)

Olivia memproyeksikan CTRA dapat membukukan pendapatan sebesar Rp 8,46 triliun pada tahun ini dengan laba bersih sebesar Rp 1,73 triliun. 

Samuel Sekuritas pun memberikan rekomendasi beli untuk saham CTRA dengan target harga Rp 1.360 per saham.

 

Selanjutnya: Penjualan gawai masih menjanjikan, simak rekomendasi saham Erajaya (ERAA)

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×