kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) masih tinggi, ini rekomendasi analis


Kamis, 26 Agustus 2021 / 15:05 WIB
Penjualan Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) masih tinggi, ini rekomendasi analis
ILUSTRASI. Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Penjualan Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) masih tinggi, ini rekomendasi analis.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) mencatatkan angka penjualan semen sebesar 1,4 juta ton sepanjang Juli 2021.

Antonius Marcos, Direktur dan Sektretaris Perusahaan INTP menyebut, capaian ini cukup baik lantaran pada periode Juli 2021 pemerintah tengah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang ketat.

“Kami bersyukur semen merupakan salah satu industri yang tetap diizinkan beroperasi selama PPKM. Kami menjalankan operasi dengan protokol Covid-19 yang sangat ketat, mengikuti arahan pemerintah,”  ujar Marcos saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (26/8). 

Alhasil, penjualan di Juli 2021 tidak banyak berubah dari penjualan di Juni 2021 dan juga capaian di Juli tahun lalu. Marcos melanjutkan,secara akumulasi penjualan semen INTP telah mencapai 9 juta ton selama tujuh bulan pertama 2021. Angka ini lebih tinggi sekitar 5% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Jadi pemain semen mortar, Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) andalkan produk ini

Marcos meyakini, prospek bisnis INTP masih cukup baik di sisa tahun ini. Terlebih, pemerintah telah menurunkan PPKM dari semula level 4 menjadi level 3 di Wilayah Jabodetabek. Dengan dilonggarkannya PPKM menjadi level 3, INTP cukup optimistis  kebijakan ini akan kembali menggairahkan geliat pembangunan di area tersebut.

Hal ini mengingat Jabodetabek merupakan pangsa utama bagi penjualan semen INTP. “Dan pabrik kami dalam kondisi yang siap untuk mendukung geliat tersebut,” sambung dia. Sejauh ini, INTP masih belum merevisi target pertumbuhan penjualan di tahun ini, yakni sebesar 4%-5%.

Produsen semen merk Tiga Roda ini masih mencermati perkembangan di kuartal ketiga ini. Namun, Marcos cukup optimis target pertumbuhan penjualan akan tercapai.

Terjegal kenaikan harga batubara

Analis Mirae Asset Sekuritas Mimi Halimin memperkirakan total volume penjualan semen INTP pada tahun ini mencapai sekitar 18,1 juta ton, naik dari realisasi penjualan di tahun lalu sebesar 17,1 juta ton. 

“Penjualan ini didukung oleh potensi proyek konstruksi yang lebih banyak di paruh kedua tahun ini dan potensi dimulainya kembali kegiatan ekonomi secara bertahap,” kata Mimi.

Baca Juga: Industri semen dan plastik tetap beroperasi penuh di tengah kebijakan PPKM




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×