Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Peningkatan kinerja PT XL Axiata Tbk (EXCL) di 2009 disebabkan oleh lonjakan jumlah pelanggan dan prepaid Revenue Generating Subscriber Base (RGB) hingga 21% menjadi 31,4 juta dan 31,1 juta pelanggan.
Dalam siaran pers, Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan, XL mengalami peningkatan pemakaian layanan data secara signifikan di 2009. "Ada peralihan kebutuhan telekomunikasi para pelanggan dari kebutuhan dasar seperti menelpon dan mengirim sms menjadi chatting dan mengunduh aplikasi jejaring sosial," ujarnya.
Tak hanya itu, peningkatan penetrasi Blackberry dan telepon genggam yang mempunyai kemampuan GPRS juga menjadi penyebab kenaikan kinerja XL. Dus, XL mampu meningkatkan pendapatan layanan data hingga 269%.
Sementara, jumlah panggilan keluar dan SMS XL meningkat signifikan hingga 60% menjadi 87,6 miliar menit. Sedangkan SMS meningkat 258% menjadi 63,6 miliar SMS.
Di tahun 2010, XL menganggarkan belanja modal alias capital expenditure sebesar US$ 400 juta- US$ 450 juta. Hasnul menjelaskan, capex meliputi anggaran belanja modal di 2009 yang jatuh tempo tahun ini. "Seluruh belanja modal didanai melalui kas," paparnya.
Sekadar catatan, EXCL mencatatkan pertumbuhan pendapatan 14,18% menjadi Rp 13,88 triliun. Sedangkan laba bersihnya melesat menjadi Rp 1,7 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News