Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belanja iklan tampaknya mulai meningkat sejak pergantian tahun. Alhasil, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) mampu meraup pendapatan yang lebih tinggi pada kuartal pertama 2021.
Pendapatan emiten media ini naik 7,69% menjadi Rp 1,4 triliun pada kuartal pertama tahun ini jika dibandingkan dengan Rp 1,3 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Pendapatan tiga segmen SCMA kompak naik.
Berdasarkan laporan keuangan SCMA yang dipublikasikan Jumat (30/4), pendapatan iklan televisi naik 3,36% menjadi Rp 1,23 triliun. Pendapatan digital dan iklan luar ruangan melesat 52,28% menjadi Rp 84,06 miliar. Pendapatan konten lainnya melonjak 49,58% menjadi Rp 88,70 miliar.
Meski pendapatan televisi naik, margin laba bersih segmen ini turun menjadi 28,69% dari sebelumnya 31,59%. Tapi, secara total, SCMA tetap mampu mengerek laba.
Baca Juga: Pertumbuhan iklan diprediksi naik, begini rekomendasi saham Surya Citra Media (SCMA)
Keuntungan bersih pemilik SCTV dan Indosiar ini meningkat 6,42% menjadi Rp 331,53 miliar dari sebelumnya Rp 311,52 miliar.
Kenaikan laba SCMA yang lebih kecil ini salah satunya disebabkan oleh lonjakan beban keuangan yang mencapai Rp 17,76 miliar dari sebelumnya hanya Rp 391,27 juta.
Kenaikan beban keuangan ini menutupi adanya lonjakan bagian atas laba entitas asosiasi. SCMA mencatat bagian atas laba entitas asosiasi Rp 9,77 miliar, melesat 41,18% secara tahunan. Kenaikan ini terutama berasal dari bagian laba Whisper Media Pte Ltd.
Baca Juga: Belanja iklan naik, simak rekomendasi untuk saham media berikut ini
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News