kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,92   5,28   0.57%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendapatan NFC Indonesia (NFCX) meningkat di kuartal I-2020, berikut pendorongnya


Senin, 29 Juni 2020 / 11:59 WIB
Pendapatan NFC Indonesia (NFCX) meningkat di kuartal I-2020, berikut pendorongnya


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) mencatatkan pendapatan Rp 2,1 triliun pada kuartal I-2020, tumbuh 143,2% ketimbang pendapatan pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Kenaikan pendapatan top-line ini didorong oleh kinerja apik dari segmen aggregator produk digital, yang tumbuh sebesar 143,5% yoy menjadi Rp 2,0 triliun di kuartal I-2020, seiring dengan pertumbuhan jumlah anggota sebesar 288,8% yoy menjadi 102.300 anggota di kuartal I-2020 ketimbang 26.300 anggota pada kuartal pertama 2019.

Selain itu, pertumbuhan top-line juga dipengaruhi oleh kontribusi dari pendapatan segmen digital cloud advertising yang tumbuh sebesar 89,0% yoy menjadi Rp 23,7 miliar di kuartal I-2020.

Baca Juga: Melesat 21,43% dalam sebulan, ini rekomendasi analis untuk saham NFC Indonesia (NFCX)

Sementara itu, jaringan titik iklan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) berkembang menjadi 9.748 layar yang mencakup 7.365 titik. Jaringan titik iklan DMMX terus berkembang dengan pesat dengan jumlah layar yang digunakan tumbuh 68,9% yoy menjadi 9.748 pada kuartal pertama tahun ini dari 5.773 di kuartal pertama 2019.

Selanjutnya, platform Pojok Bayar milik DMMX juga mencatatkan penambahan 2.000 anggota baru dalam 3 bulan pertama tahun 2020. Hasilnya, pendapatan kuartal pertama 2020 tumbuh 478,8% YoY menjadi Rp 85,2 miliar dengan laba bersih tumbuh beriringan di 492,7% yoy menjadi Rp8,8 miliar.

Dalam rilisnya, manajemen NFCX mengatakan aktivitas penyebaran layar DMMX tetap solid bahkan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menambah 300 layar antara April dan pertengahan Mei. Selain itu, manajemen DMMX juga mencari kemungkinan memperluas bisnis ke Office Solutions, seperti meeting room terintegrasi dengan fitur konferensi video, untuk mendukung kegiatan komersial Usaha Kecil Menengah (UKM) di dalam masa new normal.

baru-baru ini, anak usaha NFCX yakni Ideosource berinvestasi di GoPlay, platform streaming video on-demand GoJek. Pandemi yang sedang berlangsung telah mempengaruhi cara masyarakat dalam menikmati, terutama produk dan layanan yang didorong oleh permintaan diskresioner, seperti hiburan.

Baca Juga: Laba NFC Indonesia (NFCX) tumbuh 1,03% pada kuartal I 2020

"Dengan demikian, platform video OTT seperti GoPlay, semakin meningkat popularitasnya karena kenyamanan yang disediakannya. Penyedia konten/rumah produksi, seperti Ideosource, perlu memikirkan kembali cara produk didistribusikan dan dipasarkan," ujarnya, Senin (29/6).

Tak hanya itu, Loyalty Platform NFCX yang bekerja sama dengan Alfamart juga semakin berkembang Loyalty platform NFCX. Dalam kemitraannya dengan Alfamart terus mencatatkan pertumbuhan transaksi dan pengguna.

Selama periode PSBB, sambungnya, platform ini melihat minat yang kuat dari pengguna grass-root sebagai pengganti dalam bentuk digital dari hadiah fisik yang biasanya dilakukan pada kegiatan promosi. NFCX berencana untuk terus mengembangkan dan memperluas loyalty platform dan berpotensi memperluas layanan ke mitra ritel lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×