kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Pendapatan MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) Naik 50,22% di Kuartal I 2022


Senin, 23 Mei 2022 / 14:13 WIB
Pendapatan MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) Naik 50,22% di Kuartal I 2022
ILUSTRASI. Pengunjung berbelanja di gerai perlengkapan olahraga Sports Station di Mal WTC Matahari, Serpong, Banten, Selasa (20/10).


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), mencatatkan pertumbuhan kinerja yang signifikan sepanjang tiga bulan pertama tahun 2022. MAPA mengantongi pendapatan bersih hingga Rp 1,91 triliun atau naik 50,22% secara year on year (yoy). 

VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group Ratih D. Gianda menjelaskan, portofolio brand MAPA  masih mampu mencatatkan peningkatan hasil walaupun varian Omicron sempat membayangi di awal tahun. 

"Pertumbuhan luar biasa pada gerai, kanal e-commerce milik perusahaan, dan online marketplace, serta investasi kami di seluruh ASEAN," kata Ratih dalam keterangan resmi, Jumat (20/5). 

Baca Juga: Penjualan Mitra Adiperkasa (MAPI) Naik 30,61% di Kuartal I 2022

MAPA adalah anak perusahaan MAPI untuk penjualan dan pemasaran Sports, Kids, dan Leisure merek premium di ASEAN meliputi teritori Indonesia, Filipina,Thailand, dan Vietnam. Adapun MAPA mengelola lebih dari 40 brand eksklusif di 1.199 gerai di lebih dari 100 kota di ASEAN, dan 10 situs online. 

Lebih lanjut Ratih menjelaskan, fokus perusahaan yang konstan pada Regional Brand Commerce dengan para brand partner pilihan adalah tujuan utama MAPA untuk pertumbuhan jangka panjang. Perusahaan akan bekerja sama dengan merek eksklusif untuk meningkatkan pertumbuhan melalui distribusi multi-channel, baik gerai maupun kanal digital. 

Hal itu akan dilakukan beriringan dengan penyempurnaan analisa kebutuhan pelanggan melalui peningkatan analisis data dan CRM melalui MAPCLUB. Pendekatan All In ini memaksimalkan model operasi yang solid, sekaligus memperkuat posisi keuangan MAPA untuk mendanai pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan. 

Baca Juga: Ekonomi Filipina Tumbuh di Atas Perkiraan Tapi Ada Risiko Biaya Makanan dan Energi

Adapun di kuartal pertama 2022 MAPA telah meneken perjanjian lisensi baru dengan NBA untuk memenuhi peningkatan minat pada cabang di olahraga bola basket di kalangan sekolah dan remaja. Selain itu, MAPA melakukan perjanjian distribusi eksklusif dengan Hasbro untuk Thailand dan perjanjian eksklusif dengan HOKA untuk Filipina. MAPA juga meluncurkan Power Store Foot Locker pertama di Jakarta dan Converse di Vietnam.

MAPA pun telah menambahkan 39 gerai baru di Indonesia dan ASEAN pada kuartal pertama 2022 ini. Penjualan melalui kanal digital mampu tumbuh 40%, dus kontribusi terhadap total penjualan bisa lebih dari 11%. Adapun pendapatan dari anggota MAPCLUB tumbuh 42,7%, mencapai 51% dari keseluruhan penjualan

Di tengah tingginya permintaan untuk brand di seluruh kawasan ASEAN, MAPA masih mengamati dampak Covid-19 di Thailand dan Vietnam, serta situasi supply chain yang penuh tantangan. Ditambah dengan berbagai situasi pemicu inflasi di seluruh segmen bisnis.

Baca Juga: Kinerja Membaik, Begini Rekomendasi Saham MAPI, MAPA, dan MAPB

"Meskipun hambatan sementara ini dapat mempengaruhi kinerja di kuartal mendatang, kami tetap yakin untuk hasil jangka panjang perusahaan, yang didukung oleh keunikan model bisnis MAPA serta meningkatnya kesadaran untuk kebugaran dan kesehatan di antara kalangan pelanggan kami di ASEAN," ujar dia. 

Sekadar informasi, seiring dengan kenaikan pendapatannya, laba bersih MAPA turut meningkat. Tercatat, laba bersih MAPA sepanjang kuartal pertama 2022 mencapai Rp 168,77 miliar, terkerek signifikan dibanding periode sama tahun lalu yang tercatat Rp 5,06 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×