kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendapatan AKR Corporindo (AKRA) Melesat pada Kuartal I, Ini Pendorongnya


Selasa, 26 April 2022 / 16:32 WIB
Pendapatan AKR Corporindo (AKRA) Melesat pada Kuartal I, Ini Pendorongnya
ILUSTRASI. AKR Corporindo Foto:Dok.AKR Corporindo


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) berhasil mencetak kinerja ciamik sepanjang kuartal pertama 2022. Emiten penyedia jasa logistik dan bahan bakar minyak ini melaporkan kenaikan laba bersih sebesar 40% year-on-year (YoY) menjadi Rp 428 Miliar pada kuartal pertama 2022.

Sebagai perbandingan, laba bersih AKRA pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp 305 miliar.

Kenaikan laba bersih dibarengi dengan kenaikan pendapatan. Pada kuartal pertama 2022, pendapatan AKRA naik 98% menjadi Rp 10,13 triliun dari sebelumnya Rp 5,11 triliun. Kenaikan ini diakibatkan peningkatan harga BBM dan kimia dasar serta peningkatan volume penjualan.

Kinerja AKRA pada tiga bulan pertama 2022 didorong oleh segmen perdagangan dan distribusi yang melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar 113%, dari semula Rp 4,40 triliun menjadi Rp 9,6 triliun. Rinciannya, penjualan BBM naik 120% menjadi Rp 7,53 triliun dan penjualan kimia dasar naik 112% YoY menjadi Rp 2,07 triliun.

Baca Juga: Pendapatan dan Laba Bersih Astra Otoparts (AUTO) Melejit di Kuartal I 2022

Kenaikan ini diakibatkan pertumbuhan permintaan energi dan bahan baku di pertambangan,industri manufaktur, dan segmen lainnya seiring dengan peningkatan barang dan harga komoditas.

Haryanto Adikoesoemo, Direktur Utama AKRA mengapresiasi kinerja AKRA yang kuat meskipun kondisi pasar penuh ketidakpastian akibat kondisi geopolitik terkini dan gejolak yang signifikan pada pasar energi dan komoditas.

Infrastruktur logistik dan rantai pasokan yang ekstensif dan manjemen risiko yang efektif memungkinkan AKRA untuk dapat menyuplai produk kepada konsumen sesuai kebutuhan konsumen.

“AKRA berhasil mengatur modal kerja secara efektif dan juga menjaga kondisi neraca keuangan dengan saldo kas Rp 2,2 Triliun dan net gearing 0,06 kali,” kata Haryanto dalam keterangan resmi yang disampaikan kepada Kontan.co.id, Selasa (26/4).

Baca Juga: Blue Bird (BIRD) Kantongi Laba Rp 47,14 Miliar pada Kuartal I 2022

Prospek AKRA juga didukung oleh Kawasan industri Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Lebih dari 21% dari aset AKRA merupakan Kawasan industri terintegrasi JIIPE yang telah mendapatkan status sebagai Kawasan Ekonomi Khusus  (KEK) di tahun 2021.

Dengan pemulihan kondisi dan ketersediaan fasilitas di JIIPE, AKRA cukup percaya diri untuk dapat membukukan kontrak penjualan dengan berbagai investor. Negosiasi dengan calon investor sedang berjalan dan AKRA menargetkan untuk membukukan penjualan tanah yang signifikan tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×