kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penawaran Saham IPO RSCH Dibuka Hari Ini (22/8), Sebelum Beli Cermati Saran Analis


Selasa, 22 Agustus 2023 / 07:11 WIB
Penawaran Saham IPO RSCH Dibuka Hari Ini (22/8), Sebelum Beli Cermati Saran Analis
ILUSTRASI. Penawaran Saham IPO RSCH Dibuka Hari Ini (22/8), Sebelum Beli Cermati Saran Analis


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Info penting untuk investor yang gemar berburu saham perdana dari initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penawaran saham IPO  PT Charlie Hospital Semarang Tbk (RSCH) dibuka mulai hari ini, Selasa 22 Agustus 2023. Sebelum beli, cermati saran analis untuk IPO saham RSCH berikut.

Penawaran saham IPO RSCH dibuka selama tiga hari ke depan. Penutupan penawaran saham IPO RSCH dijadwalkan pada 24 Agustus 2023.

Saham RSCH adalah saham dari emiten rumah sakit asal Semarang, Jawa Tengah. Kini, manajemen RSCH sedang menyiapkan ekspansi ke pinggiran Semarang, antara lain ke Demak.

Dalam IPO saham RSCH ini, manajemen PT Charlie Hospital Semarang Tbk menetapkan harga penawaran umum Rp 115. Rencananya, pencatatan saham IPO RSCH dilakukan pada 28 Agustus 2023. 

Baca Juga: Akan Stock Split, Analis Rekomendasi Beli Saham Blue Chip Sektor Bank Ini

Perusahaan yang akan menggunakan kode saham RSCH ini menawarkan 530 juta saham. Ini setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. 

Dengan begitu, Charlie Hospital Semarang berpotensi mengantongi dana segar sebesar Rp 60,95 miliar. Nantinya dana tersebut akan digunakan tiga hal utama. 

Pertama, sekitar 48,92% akan digunakan RSCH untuk menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Charlie Hospital Demak. Rumah sakit ini ditargetkan selesai pada Maret 2024. 

Kedua, sekitar 50,47% bakal dipakai untuk pembelian alat medis. Sekitar 0,61% dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja, modal operasional dan/atau pembelian persediaan RSCH. 

Untuk melancarkan jalannya ke Bursa Efek Indonesia, RSCH menunjuk PT Shinhan Sekuritas Indonesia sebagai penjamin emisi efek dan PT Elit Sukses Sekuritas sebagai penjamin emisi efek. 

Analis Infovesta Kapital Advisori Fajar Dwi Alfian mencermati, Charlie Hospital masih mencatatkan rugi bersih. Sementara emiten-emiten rumah sakit yang sudah tercatat di bursa efek seperti MIKA, SILO, dan HEAL telah mampu mencatatkan keuntungan walaupun mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

“Jadi secara valuasi masih menarik emiten yang sudah lama IPO,” kata Fajar kepada Kontan.co.id, Senin (21/8).

Adapun tantangan Charlie Hospital Semarang saat ini menurut analis adalah kompetisi antar emiten yang sudah lebih dulu melakukan IPO. “Karena masih rugi, jika dibandingkan dengan yang sudah existing, tentu menarik yang sudah existing,” tambah dia.

Itulah rekomendasi saham IPO RSCH yang telah memulai penawaran saham hari ini, Selasa 22 Agustus 2023. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×