kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemintaan berkurang, harga platinum tumbang


Rabu, 08 Februari 2017 / 08:20 WIB
Pemintaan berkurang, harga platinum tumbang


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kenaikan harga platinum terhenti setelah permintaan kendaraan dengan mesin diesel mengalami penurunan. Selasa (7/2), pukul 15.58 WIB, harga platinum kontrak pengiriman April 2017 di New York Mercantile Exchange tergerus 0,34% menjadi US$ 1.010,10 per ons troi.

Sepekan terakhir, harga sudah menguat 1,36%. Analis Asia Tradepoint Futures Andri Hardianto menjelaskan, koreksi platinum kali ini terjadi karena kondisi industri otomotif yang kurang mendukung. Permintaan kendaraan mesin diesel berkurang.

Padahal selama ini platinum banyak digunakan untuk mesin diesel. Permintaan terhadap mesin diesel berkurang karena adanya pengawasan ketat di Amerika Serikat (AS).

Sebab musababnya, tahun 2015, Badan Perlindungan Lingkungan AS sempat menemukan adanya kecurangan tes emisi pada kendaraan mesin diesel keluaran Volkswagen. Permintaan platinum dari China juga turun.

"Permintaan dari China untuk penggunaan platinum sebagai bahan perhiasan juga mengalami penurunan," tambah Andri.

Di sisi lain, pasokan platinum masih terganggu karena belum adanya kesepakatan upah pekerja tambang di Afrika Selatan. Bahkan, salah satu produsen platinum, yakni Lonmin, telah mengumumkan, produksi platinum di kuartal IV-2016 turun 20% menjadi 137.000 ons.

Cuma, penurunan pasokan tidak lantas membuat harga naik. Pasalnya, kebutuhan platinum bisa diganti barang substitusi. Produsen otomotif misalnya, bisa mendaur ulang katalis converter berbahan dasar platinum dari kendaraan diesel yang sudah tua.Ke depan, harga platinum masih rentan koreksi.

Terlebih keputusan Presiden AS Donald Trump yang kontroversial membuat pasar cenderung mencari aset aman. Walaupun tergolong safe haven, tetapi platinum lebih banyak digunakan sebagai bahan baku industri.

Di kuartal I-2017 ini, harga platinum bisa kembali menguat ke US$ 1.110 per ons troi. Peluang penguatan datang dari pertumbuhan industri yang cukup stabil dan kemungkinan penundaan kenaikan suku bunga The Fed.

Secara teknikal, Andri melihat untuk jangka pendek platinum masih berada di bawah garis MA 50. Tapi dalam jangka panjang harga sudah berada di atas garis MA 100 dan MA 200, mengindikasikan peluang naik.

Kemudian RSI berada di area netral level 55. Sedangkan MACD dan stochastic bertengger di 78, menunjukkan sinyal penguatan. Hitungan Andri, harga platinum hari ini (8/2) bergerak antara US$ 1.006-US$ 1.015 per ons troi.

Sepekan ke depan harga terkoreksi dan bergerak di rentang US$ 999-US$ 1.020 per ons troi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×