kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45787,20   0,76   0.10%
  • EMAS1.012.000 0,40%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Pemerintah menawarkan Cash Waqf Linked Sukuk Ritel, minimal pembelian Rp 1 juta


Minggu, 11 Oktober 2020 / 17:55 WIB
Pemerintah menawarkan Cash Waqf Linked Sukuk Ritel, minimal pembelian Rp 1 juta
ILUSTRASI. Jumat (9/10), pemerintah resmi membuka masa penawaran Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel seri SWR001.

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumat (9/10), pemerintah resmi membuka masa penawaran Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel seri SWR001. Sebelumnya, di Maret, pemerintah sempat menawarkan CWLS seri SW01 melalui private placement. Kali ini, SWR01 akan ditawarkan pada wakif individu dan institusi. Masa penawaran berlangsung mulai 9 Oktober hingga 12 November 2020. 

Jika pada SW01 memiliki tenor lima tahun, SWR01 memiliki tenor 2 tahun. Tingkat imbalan atau kupon tetap ditetapkan pemerintah di 5,5% per tahun. Dalam keterangan tertulis, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko menjelaskan imbalan/kupon tersebut akan disalurkan ke kegiatan sosial yang memiliki dampak sosial dan ekonomi untuk masyarakat. 

Penyaluran imbalan akan dilakukan oleh Nazhir yang kredibel yang ditunjuk oleh Lebaga keuangan Syariah-Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) dan disetujui oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai regulator dan pengawas Nazhir. Untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelola dan penyaluran dana imbalan CWLS, maka Nazhir wajib membuat laporan kepada BWI, Kementerian Agama, Kementerian Keuangan dan Wakif (pembeli CWLS). 

Baca Juga: Diversifikasi portofolio dengan ORI018 untuk menghadapi volatilitas pasar keuangan

Bentuk dan karakteristik sukuk waqf ini tanpa warkat dan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Tanggal penerbitan jatuh pada 18 November 2020 dengan tanggal jatuh tempo di 10 November 2022. Wakif sekaligus investor akan menerima kembali seluruh dananya 100% pada periode jatuh tempo. 

Minimum pemesanan sebesar Rp 1 juta dan tidak ada maksimum pemesanan. Proses pemesanan pembelian CWLS ritel seri SWR001 ini dilakukan secara offline melalui empat tahapan, pertama datang ke kantor mitra distribusi (midis) atau akses ke sistem online midis. Kedua, isi formulir akta ikrar wakaf dan pemesanan. Ketiga,  buka rekening tabungan, rekening Surat Berharga Negara, dan Single Investor Identification (SID) dan keempat, sediakan wakaf uang di rekening tabungan.

Pemerintah menunjuk Bank Syariah Mandiri, Bank BRI syariah, Bank Muamalat, dan Bank BNI Syariah sebagai midis CWLS seri SWR001. 

Baca Juga: ORI018 Janjikan Kupon 5,7%, Masih Menarik Dikoleksi Saat Resesi?

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×