kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pemegang saham pengendali jual 4,32% kepemilikan di Blue Bird (BIRD)


Jumat, 14 Februari 2020 / 20:58 WIB
Pemegang saham pengendali jual 4,32% kepemilikan di Blue Bird (BIRD)
ILUSTRASI. Suasana peluncuran mobil listri Bluebird di Jakarta (22/4).

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pusaka Citra Djokosoetomo menjual kepemilikannya pada saham PT Blue Bird Tbk (BIRD) sebesar 4,32% atau setara 108,20 juta saham. Transaksi tersebut berlangsung pada Kamis, 13 Februari 2020.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat (14/2), penjualan tersebut dilaksanakan dengan harga Rp 3.800 per saham. Dengan begitu, nilai transaksi jual beli ini mencapai Rp 411,2 miliar.

Baca Juga: Ada Transaksi Besar di Saham Blue Bird, Terkait Gojek?

Setelah transaksi tersebut, kepemilikan Pusaka Citra Djokosoetomo sebagai pemegang saham pengendali BIRD berkurang dari 35,84% menjadi 31,52%. Dengan kata lain, saat ini Pusaka Citra Djokosoetomo memiliki 788,59 juta saham BIRD, dari sebelumnya 896,80 juta saham.

Saham BIRD dijual lewat anggota bursa berkode BQ atau dikenal dengan nama Korea Investment and Sekuritas Indonesia. Sementara pembelinya adalah broker berkode YU atau CGS-CIMB Sekuritas Indonesia.

Baca Juga: Blue Bird (BIRD) perkuat kerjasama dengan Gojek, begini komentar analis

Sebelumnya, ramai dibicarakan, perusahaan rintisan Gojek tertarik mengakuisisi 5% saham Blue Bird. Kabar ini makin diperkuat dengan pengumuman kepada BEI pada awal Februari lalu, yakni soal kolaborasi baru dengan Gojek yang akan menunjang secara langsung kegiatan operasional BIRD dan anak-anak usahanya.

Namun, manajemen BIRD belum mau memberikan pernyataan mengenai masuknya Gojek atau pun investor baru ke perusahaan. "Kami tidak bisa berkomentar ataupun mengkonfirmasi mengenai transaksi yang dilakukan oleh siapapun investor atau pemegang saham kami di market," kata Michael Tan, Investor Relations BIRD, Kamis (13/2).

 




TERBARU

Close [X]
×