kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembayaran Dividen Jumbo Cum Date Mulai Hari Ini (5/6), Saham Apa yang Bagus?


Senin, 05 Juni 2023 / 07:34 WIB
Pembayaran Dividen Jumbo Cum Date Mulai Hari Ini (5/6), Saham Apa yang Bagus?
ILUSTRASI. Pembayaran Dividen Jumbo Cum Date Mulai Hari Ini (5/6), Saham Apa yang Bagus?


Reporter: Aurelia Felicia | Editor: Adi Wikanto

Jadwal Pembayaran Dividen-  Sejumlah emiten akan melakukan pembayaran dividen dengan nilai jumbo pada Juni 2023 ini. Bahkan, beberapa jadwal pembayaran dividen saham tersebut memasuki cum date dividen mulai hari ini, Senin 5 Juni 2023. Lalu, saham apa yang layak dipilih untuk investasi?

Cum date dividen adalah tanggal akhir dimana saham tersebut memiliki hak pembayaran dividen saham. Investor yang ingin mendapatkan pembayaran dividen saham harus beli saham tersebut paling lambat pada cum date dividen.

Beberapa emiten yang akan cum date hari ini Senin (5/6) antara lain PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) yang akan bagikan dividen Rp 50 per saham. PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) juga akan bagikan dividen Rp 963 per saham.

 

Pada perdagangan 31 Mei 2023, harga saham MBAP ditutup di level 5.675, turun 200 poin atau 3,40% dibandingkan sehari sebelumnya. Dengan harga tersebut maka yield dividen saham MBAP mencapai 16,97%.

Yield dividen saham MBAP hampir mencapai 7 kali lipat dibandingkan bunga deposito di bank umum yang saat ini hanya sekitar 2,5%.

Sementara PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) akan membagikan dividen sebesar Rp 19,67 dengan jadwal cum date pada Selasa (6/6).

Disusul PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO) yang akan cum date pada Rabu (7/6) dengan bagikan dividen Rp 10 per saham.

Baca Juga: Musim Dividen Masih Berlanjut pada Akhir Mei, Ini Rekomendasi Saham yang Menarik

Di samping itu, beberapa emiten lain turut membagikan dividen jumbo seperti PT Telkom Indonesia (TLKM) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGAS).

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus juga menyebut di antara emiten yang berencana membagikan dividen, TLKM merupakan salah satu emiten yang akan membagikan dividen jumbo.

TLKM akan membagikan dividen sebesar Rp 16,6 triliun atau 80% dari laba bersih 2022 atau Rp 167,59 setiap sahamnya. Adapun dividen yield yang diberikan adalah sebesar 4,06%.

“Kalau kita berbicara dividen yield, maka semakin mendekati 5% akan semakin menarik, apalagi kalau bisa di atas 5%,” ujar Nico pada Kontan Rabu (31/5).

Oleh sebab itu, Nico mencermati dividen yield sebesar 4.06% tentu menjadi pemanis bagi saham TLKM. 

Baca Juga: Menilik Prospek Saham Pembagi Dividen di Tahun 2023

Sama hanya dengan PGAS yang juga akan bagikan dividen jumbo senilai US$ 228,36 juta atau setara dengan 70% laba bersih dari PGAS atau Rp 141 per saham.

Secara fundamental, Nico menilai saham TLKM dan PGAS menarik untuk dikoleksi. Namun, Nico menekankan tujuan dari pelaku pasar dan investor tak kalah penting ketika membeli saham untuk jangka panjang atau hanya untuk mendapatkan dividen. 

“Apabila membeli hanya untuk membagikan dividen, maka jual menjadi pilihan ketika moment dividen sudah selesai karena biasanya harganya mengalami penurunan,” tambah Nico.

Dengan itu, Nico mengimbau para investor untuk memperhatikan tujuan investasi agar tidak terjebak dalam dividen trap kedepannya.

Baca Juga: Emiten Semakin Gemar Menebar Cuan, Pesta Dividen Tahun Ini Lebih Meriah

Senada dengan Nico, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai pembayaran dividen saham tentu adalah aksi korporasi yang menarik bagi para investor.

Herditya menegaskan investor perlu memperhatikan tanggal cum dan ex dividen dalam musim pembagian dividen ini. “Pelaku pasar juga harus dapat memperhatikan dari tanggal cum dan ex dividen agar tidak terkena dividen trap,” jelasnya.

Itulah info jadwal pembayaran dividen saham bernilai jumbo yang memasuki cum date dividen mulai hari ini. Ingat segala risiko investasi saham menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×