kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pekan depan, PNM terbitkan RDPT


Sabtu, 14 September 2013 / 11:54 WIB
Pekan depan, PNM terbitkan RDPT
ILUSTRASI.


Reporter: Wahyu Satriani | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Salah satu instrumen investasi yang menjadi andalan manajer investasi (MI) untuk menggenjot dana kelolaan adalah reksadana penyertaan terbatas (RDPT). PT Permodalan Nasional Madani Investment Management adalah salah satu MI berencana yang meluncurkan instrumen itu pada pekan depan.

Direktur Utama PNM Investment Management, MQ Gunadi mengatakan, produk RDPT yang akan diluncurkan itu senilai Rp 125 miliar. "Ada tujuh investor yang masuk ke RDPT ini dengan nilai yang sudah pasti sekitar Rp 125 miliar," ujar dia, Jumat (13/9).

Hingga akhir tahun ini, PNM Investment Management menargetkan bisa meraih total dana kelolaan mencapai Rp 2,3 triliun. Saat ini, PNM telah menggenggam dana kelolaan sekitar Rp 1,7 triliun.

Gunadi mengakui, tekanan pasar modal mengakibatkan dana kelolaan perusahaan kurang mekar. "Tahun ini, banyak asumsi yang meleset.  Tapi, kami masih berusaha mengejar target meskipun market sudah terkoreksi dalam," ujar dia.

Untuk menaikkan dana kelolaan, PNM bakal meluncurkan RDPT baru. Selain itu, Gunadi bilang, PNM bakal meningkatkan kinerja reksadana terbuka (open end). "Kinerja reksadana PNM, khususnya reksadana saham sudah menunjukkan hasil yang lumayan, meskipun pasar terkoreksi," ujar dia.

Executive Vice President PNM Arief Mulyadi, menambahkan, RDPT PNM memiliki aset dasar obligasi jangka menengah atau medium term notes (MTN) PNM dengan nilai Rp 125 miliar. Adapun, tenor RDPT ini selama 18 bulan. "Untuk return sekitar 8,3%," ujar Arief.

Rencananya, dana hasil penerbitan RDPT ini akan disalurkan untuk pembiayaan usaha mikro kecil menengah dan koperasi melalui unit layanan modal mikro.

Selain RDPT baru senilai Rp 125 miliar, PNM berencana menerbitkan produk yang sama senilai Rp 270 miliar. Namun, PNM akan menerbitkan produk tersebut pada akhir Oktober atau awal November tahun ini. "Tenor dan return kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan RDPT yang senilai Rp 125 miliar," tutur Gunadi.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, total dana kelolaan RDPT hingga sekarang tidak banyak berubah. Hingga akhir kuartal II-2013, total dana kelolaan RDPT mencapai Rp 34,084 triliun.

Total RDPT yang terdaftar sebanyak 93 produk. Sebagai perbandingan, pada akhir tahun lalu, total dana kelolaan RDPT mencapai sekitar
Rp 34,08 triliun dengan total 92 produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×