kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Menaikkan Peringkat Emiten Grup MNC, Global Mediacom (BMTR) Menjadi idA+


Selasa, 19 April 2022 / 11:21 WIB
Pefindo Menaikkan Peringkat Emiten Grup MNC, Global Mediacom (BMTR) Menjadi idA+
ILUSTRASI. PT?Global Mediacom Tbk (BMTR)


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat PT Global Mediacom Tbk (BMTR) dari idA menjadi idA+ dengan prospek stabil. Peringkat ini juga berlaku untuk Obligasi Berkelanjutan I Tahun 2017 dan Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2020-2021 milik BMTR.

Pada saat yang sama, Pefindo turut menaikkan peringkat Sukuk Ijarah Berkelanjutan Global Mediacom I Tahun 2017 dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan II Tahun 2020-2021 menjadi idA+(sy) dari sebelumnya idA(sy).

"Kenaikan peringkat dipicu oleh perbaikan profil keuangan, terutama pada struktur permodalan dan proteksi arus kas, seiring dengan usaha penurunan utang dan pendapatan yang lebih kuat dari bisnis media berbasis iklan dan konten," jelas Pefindo dalam keterangannya, Senin (18/4).

Faktor lain, rencana BMTR untuk melunasi Obligasi Berkelanjutan I Tahun 2017 Tahap 1 Seri A sebesar Rp804,8 miliar dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahun 2017 Seri A senilai Rp213,05 miliar yang akan jatuh tempo pada 7 Juli 2022. Rencananya pelunasan surat ulang ini akan menggunakan dari aksi korporasi hasil BMTR pada Kuartal II-2022.

Baca Juga: Pefindo Tegaskan Peringkat A+ Indah Kiat Pulp and Paper (INKP) dengan Prospek Positif

Pefindo menerangkan peringkat ini mencerminkan kepemilikan mayoritas Global Mediacom pada perusahaan-perusahaan media terbesar dan terkemuka di Indonesia beragamnya jasa layanan media yang disediakan oleh entitas-entitas anak, dan profitabilitas operasional yang baik.

Namun peringkat masih dibatasi oleh akses tidak langsung terhadap arus kas operasional, paparan terhadap surat utang dengan tenor jangka pendek dan volatilitas mata uang asing, dan persaingan yang ketat pada industri media.

"Peringkat dapat dinaikkan bila BMTR dapat mengurangi ketergantungannya terhadap pendapatan dividen dari entitas-entitas anak dengan menghasilkan arus kas sendiri yang berulang secara berkelanjutan, serta memperbaiki profil kreditnya dengan mengurangi utang," papar Pefindo.

 

Sedangkan, peringkat dapat diturunkan BMTR dan/atau entitas-entitas anak, memiliki utang lebih besar dari yang diproyeksikan karena adanya rencana belanja modal yang signifikan. Hal tersebut dapat menyebabkan rasio debt to EBITDA lebih dari 3x dan rasio funds from operation to debt kurang dari 25% secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×