kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasca IPO, Topindo Solusi Komunika (TOSK) Bakal Rambah Bisnis FMCG Fisik


Rabu, 07 Februari 2024 / 15:37 WIB
Pasca IPO, Topindo Solusi Komunika (TOSK) Bakal Rambah Bisnis FMCG Fisik
Seiko Manito, Direktur Utama PT Topindo Solusi Komunika Tbk saat pencatatan saham TOSK di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (7/1).


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Perusahaan teknologi, PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) akan fokus mengembangkan bisnis Fast Moving Consumer Good (FMCG) secara fisik sambil memperkuat produk digital. 

Seiko Manito, Direktur Utama Topindo Solusi Komunika menjelaskan gelaran penawaran umum perdana saham ini merupakan strategi TOSK untuk menggencarkan ekspnasi di luar Kalimantan. 

"Kami berencana untuk mengembangkan bisnis segmen produk digital dengan melakukan penetrasi di wilayah luar Kalimantan," jelas saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia, Rabu (7/2). 

Baca Juga: Listing di BEI, Begini Pergerakan Saham Topindo Solusi (TOSK) di Debut Perdana

Adapun TOSK berhasil meraih dana segar dari Initial Public Offering (IPO) sebesar Rp 109,37 miliar. Mayoritas dana tersebut akan digunakan untuk modal kerja dan ekspansi. 

Rinciannya, sekitar 40% dari IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek akan digunakan untuk modal kerja berupa pembelian persediaan produk digital dan pengembangan sistem IT. 

Kemudian sekitar 9,53% akan dialokasikan untuk entitas anak, yaitu TNN, dalam bentuk penyetoran modal kerja yang akan dipakai untuk modal kerja berupa pembelian persediaan produk ritel. 

Sekitar 50,47% akan dialokasikan untuk entitas anak, yaitu TIP dalam bentuk penyetoran modal. Rencananya, TIP bakal mengakuisisi sebuah properti dan keperluan modal kerja serta operasional.

Seiko bilang melalui TIP, TOSK akan memperkuat produk fisik FMCG secara bertahap yang akan dimulai dari Singkawang. Rencananya, TIP akan mendirikan gudang maupun hub. 

 

"Pada dasarnya kami akan bikin toko, bisa berupa supermarket akan gudang untuk menunjang warung, yang akan kami siapkan dalam satu atau dua bulan ini," tuturnya. 

Adapun TOSK juga memiliki 25 Gerai dan 66 Top Up Point (TUP). Seiko menyebut dalam seharinya total transaksi platform Topindoku bisa mencapai Rp 5 miliar sampai Rp 7 miliar. 

Sepanjang 2023, platform Topindoku tercatat memiliki lebih dari 995.000 downloader di Playstore dan 23.500 downloader di App Store. TOSK menargetkan jumlah mitra TOSK bisa tumbuh double digit pada tahun ini. 

"Pertumbuhan mitra double digit seharusnya bisa dicapai. Secara organik setiap harinya kita bisa memperoleh 1.000 mitra," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×